Antisipasi Angin Kencang PRKP Pangkas Pohon Tua

SWARNANEWS.CO.ID, OKI | Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mulai gencar memangkas dan memotong ranting pohon tua yang ada di seputaran kecamatan Kayuagung, Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi pohon tumbang karena potensi angin kencang seperti sekarang ini.

Kepala Dinas PRKP kabupaten OKI Ir Man Winardi MT melalui Sekretaris Dinas PRKP Muhammad Iqbal ST M.Si mengatakan, pemangkasan pohon dilakukan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, baik bagi para pengguna jalan maupun infrastruktur yang ada di sekitarnya.

“Akhir-akhir ini angin bertiup dengan kencang. Tentunya ini menimbulkan kekhawatiran akan adanya pohon tumbang, terutama di sepanjang jalan kota Kayuagung. Oleh karena itu, kita mengambil langkah untuk melakukan pemangkasan dan pemotongan pohon yang rawan tumbang,” ujar Iqbal saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (30/10).

Lokasi pemangkasan ditentukan berdasarkan permintaan ataupun kondisi pohon yang memang dianggap sudah membahayakan.

“Untuk lokasi sementara ini kita fokus di kecamatan Kayuagung, seperti dipersimpangan yang ada sekolahnya, dipusat keramaian dan tergantung dari kondisi yang ada. Pemangkasan ini juga kita lakukan terjadwal,” jelas Iqbal.

Masih kata Iqbal, pelaksanaan pemangkasan dilakukan pada saat libur sehingga tidak mengganggu aktifitas kerja. Dan pihaknya juga sudah melakukan pemangkasan pohon didepan kantor Telkom pada Sabtu (27/10/2018) lalu.

“Upaya ini kami lakukan agar tidak membahayakan pengguna jalan maupun masyarakat sekitar,” katanya.

Untuk kendala sambung Iqbal, saat ini adalah adanya kabel listrik milik PLN dan juga kabel Telkom yang terpasang di sekitar pohon.

“Untuk operasionalnya kita memiliki anggaran yang terbatas dan hanya memiliki satu unit kendaraan crane hidrolik dan satu mobil pickup untuk membantu petugas melakukan pemangkasan, ” tandasnya.

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar