Berobat Makin Gampang dengan Rujukan Online

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sistem Rujukan Online mendapat apresiasi khusus dari masyarakat. Meski cukup banyak kekurangan di sana sini dalam sistem pelayanan di BPJS, setidaknya dengan terobosan ini akan meringankan pekerjaan banyak pihak.

Melalui sistem pada aplikasi P-care milik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sudah langsung terhubung dengan aplikasi VClaim di rumah sakit, sehingga rujukan lebih realtime dan memberikan kepastian kepada peserta terkait rujukannya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang , Andi Ashar mengatakan bahwa rujukan online ini sama sekali tidak mengurangi dan tidak merubah sistem rujukan program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Peserta akan mendapatkan pelayanan yang tepat dan berkualitas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pemberi pelayanan kesehatan, saya dan tim di BPJS Kesehatan akan senantiasa mengedukasi masyarakat dan fasilitas kesehatan untuk mengetahui mekanisme rujukan online ini,” ujar Andi, saat diwawancarai Media Swarnanews di kantor BPJS Palembang jalan Basuki Rahmat usai menggelar rapat bersama Direktur RSUD Banyuasin, Kamis (11/10).

“Di Zaman digital sekarang ini pasien bisa berobat cukup dengan Mobile JKN yang tersedia di handphone-nya, sehingga faskes juga harus mengikuti perkembangan digitalisasi tersebut dengan Rujukan Online,” jelas Andi.

Ditempat sama, Kepala Puskesmas Pangkalan Balai, dr Periyani menambahkan keterlibatan semua pemangku kepentingan sangat penting untuk suksesnya rujukan online ini.

“Puskesmas bisa melihat kesediaan poli di rumah sakit dan lebih dari itu kami bisa melihat ketersediaan spesialis sampai sub-spesialis di sebuah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Peri menjelaskan, dengan adanya rujukan online, pekerjaan di puskesmas jadi lebih mudah, simpel dan mengurangi penggunaan kertas, dengan demikian biaya administrasi jauh lebih ringan.Dari segi operasional, Puskesmas Pangkalan Balai bisa menerapkan efisiensi yang signifikan, terutama dalam hal kertas dan printer.

“Dahulu kami sediakan printer dan tinta kelengkapan rujukan, sekarang untuk persediaan tinta dan kertas menjadi hemat kertas jadi efisiensi sekali secara operasional,” paparnya.

Kedepannya, berharap rujukan online semakin berkembang yang dapat mempermudah pekerjaan, mengurai antrian dan bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan baik itu peserta ataupun fasilitas kesehatan sendiri, tutupnya. (*)

Teks : Herwanto
Editor : Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 komentar

  1. I used to be recommended this blog via my cousin. I am now not sure whether this submit is written by way of him as no one else understand such exact approximately my problem. You are amazing! Thank you!

  2. hey there and thank you for your information I’ve definitely picked up anything new from right here. I did however expertise a few technical issues using this web site, since I experienced to reload the site many times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will very frequently affect your placement in google and can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Anyway I’m adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective interesting content. Make sure you update this again soon.