Deru Lanjutkan Sekolah Gratis

Anggarkan Rp. 391 M di 2019

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali mengalokasikan anggaran 391 Miliar untuk Program Sekolah Gratis (PSG) ditahun 2019. Komitmen ini diberikan sebagai bentuk stimulan peningkatan SDM Sumsel.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo menjelaskan Gubernur Herman Deru berkomitmen untuk melanjutkan PSG anggarannya telah diajukan sekitar Rp 391 miliar.

Dari jumlah itu, untuk belanja langsung Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan atau SMA/SMK Negeri sebesar Rp 207,471 miliar dan dalam bentuk hibah untuk SMA/ SMK swasta sebesar Rp 183,805 miliar. Dananya dari dana induk APBD 2019,” ujarnya Jumat (12/10).

Dijelaskan Widodo, sesuai arahan Wakil Gubernur Sumsel Mawardy Yahya menginstruksikan Dinas Pendidikan melakukan pembenahan kaitannya antara sekolah “mapan” di kota dengan sekolah “pra-mapan” di pedesaan dalam pelaksanaan program sekolah gratis. Karena itu, Dinas Pendidikan Sumsel telah membentuk tim yang membahas tentang Perda Sekolah Gratis yang diimplementasikan melalui Peraturaan Gubernur Sumsel. “Hasilnya akan dilaporkan kepada Gubernur,” Kata Widodo.

Dinas Pendidikan Sumsel akan membuat tiga kategori sekolah yaitu pertama SMA/SMK kategori/tipe A, SMA/SMK kategori/tipe B dan SMA/SMK kategori/tipe C. Kategori/tipe SMA/SMK tersebut akan menjadi salah satu indikator besaran penerimaan dana PSG.

Kategori tipe A merupakan sekolah mandiri atau favorit menurut masyrakat, sedangkan sekolah kategori tipe C merupakan yang sebaliknya. Kategori ini menjadi salah satu indikator penentunya, yaitu kemampuan sekolah baik dari kualitas pendidikan, tingginya peminat, kemampuan komite sekolah hingga kelengkapan infrastruktur pendukung lainnya,” ujarnya

Berdasarkan kategori tersebut, menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, untuk sekolah kategori tipe C yang belum mampu membiayai sendiri akan mendapat bantuan dana PSG lebih dari sekolah yang mampu atau favorit.

Pemprov Sumsel pada tahun-tahun sebelumnya telah menetapkan dana PSG jenjang SMA setiap siswa diberikan dana sebesar Rp 1,4 juta/tahun dan jenjang SMK pada kelas bisnis mendapat Rp 2,2 juta/tahun dan kelas teknik Rp 2,7 juta/tahun. (*)

Teks : Fuad
Editor : Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

  1. Please let me know if you’re looking for a article author for your weblog. You have some really great posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please send me an e-mail if interested. Many thanks!