Jangan Biarkan Jurang Pemisah Kaya dan Miskin Menganga

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Setahu saya dahulu ada aturan jika pengembang membangun perumahan harus ada proporsi antara rumah mewah (the have) dan rumah sederhana (the have not), selain fasum. Luasan lahan juga jg dibatasi.

Tujuan aturan ini agar tidak tercipta kawasan yang eksklusif yang tidak sesuai dengan filosofi Pancasila. Nampaknya aturan tersebut sudah tidak lagi diperhatikan sehingga pengembang bisa punya lahan ratusan hektar dengan harga rumah di atas 0,5 milyar seperti kasus Meikarta.

Di Palembang ada pengembang membangun perumahan dengan  luasan di atas 100 ha dengan  harga paling murah Rp400 jutaan. Bisa dibayangkan lahan yang ratusan hektar akan jadi  kawasan eksklusif yang biasanya mempunyai sistem pengamanan sendiri, hanya orang tertentu saja yang dapat akses untuk masuk. Bahkan bisa jadi kawasan itu juga dipagar.

Jika dirunut putaran waktu. Dulu jika tidak salah awal tahun 1980-an  Bupati  OKU membangun rumah meniru arsitek gedung putih. Diributkan banyak orang sampai Mendagri pun menegurnya. Tetapi kini rumah mewah melebihi itu sudah menjamur. Seolah negeri ini sudah sedemikian makmur. Padahal mayoritas rakyat masih banyak yang miskin. Setahu saya selama hidup di Eropa tidak ada konsep hunian yang eksklusif seperti itu apalagi sampai dipagar keliling.

Melihat fenomena itu, sudah saatnya pemerintah menertibkan hal seperti ini sehingga ke depan tidak semakin banyak kampung eksklusif yang akan jadi  “bara api” timbulnya kecemburuan sosial. Apalagi iklan dan baliho yang dipajang untuk promosi menggunakan orang-orang  yang mohon ma’af tidak berwajah pribumi, plus fasum mewah sehingga  kesan kawasan eksklusif semakin terasa. Padahal di sekitarnya banyak saudara kita yang tidak punya dengan gubuk dan fasum yang minim penuh derita….

Teks: Dr. Ir. Erizal Sodikin

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something which I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!