Kajari OI Dukung Pelaksanaan SJD

Adi Tyogunawan: Kepatuhan Hukum Mutlak Bagi Setiap Warga Negara

SWARNANEWS.CO.ID, INDRALAYA. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Ogan Ilir (OI) Adi Tyogunawan SH MH menyambut dan mendukung pelaksanaan Sekolah Jurnalistik Desa (SJD) yang akan digelar di Indralaya OI, 13-14 Oktober mendatang.

Dukungan itu terungkap saat audiensi antara pantia kegiatan tersebut dengan Kajari dan staf  kantor Kejari OI Indralaya, Senin (8/10).

“Pada prinsipnya kami mendukung kegiatan tersebut. Apalagi saat ini di mana terjadi penguatan program di pedesaan. Melalui kegiatan ini kami juga dapat memberikan sosialisasi  pentingnya penegakan hukum kepada peserta,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Tyo tersebut saat itu didampingi oleh Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Darmadi Edison SH. Sedangkan dari panitia SJD terdiri atas Ketua Panitia Sandi Pusaka Herman, Wakil Kepala Sekolah SJD, Sarono P Sasmito, para anggota panitia lain yakni Yongki Ariansyah, Hj Karyani, Yarsandi, Yuhermi, Arie, Heri Kusnadi, Zaky, Sya’roni Tholal, Fidel Castro dan lainnya. Mereka semua aktif memberikan masukan dan saran.

Sarono P Sasmito yang juga Pemimpin Redaksi Swarnanews.co.id yang saat itu didaulat untuk membuka pembicaraan menyatakan terimakasih atas sambutan Kajari dan staf. Kemudian juga menjelaskan tentang akan digelarnya kegiatan SJD yang dimaksudkan untuk membekali calon wartawan di tingkat desa sebagai penguatan pedesaan. Kegiatan ini mendapatkan dukungan luas dari kalangan wartawan baik yang ada di OI maupun Sumsel secara keseluruhan. Agar kegiatan itu dapat memunculkan nilai lebih maka panitia mengharapkan agar pihak Kejari OI bersedia memberikan materi pada acara nanti,ujar Sarono PS.

Sandi Pusaka pada kesempatan itu menguraikan tentang latar belakang diadakannya kegiatan tersebut. Hal itu didasarkan akan adanya program pemerintah yang telah menggelontorkan uang triliunan rupiah untuk pembangunan desa. Program tersebut diharapkan akan dapat efektif jika semuanya terselenggara sesuai dengan aturan juklak dan juknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan keberadaan wartawan di tingkat desa diharapkan dapat mewartakan segala sesuatu tentang desa, baik aktiftas warga, potensi unggulan dan pelatihan lain yang bertujuan mengangkat derajat ekonomi dan ksejahteraan warga desa.

Hal lain yang perlu menjadi penekanan adalah adanya sosialisasi kesadaran hukum sehingga pelaksanaan pembangunan pedesaan tetap pada koridornya dan tidak terjadi penyelewengan yang bisa berakibat pelanggaran hukum. Untuk itu, pihaknya berharap, kata Sandi agar Kajari dapat memberikan pembekalan bagi wartawan dan itu akan menjadi bagian ekspos agar kesadaran taat hukum tumbuh di masyarakat.

 

Audiensi berlangsung antusias dengan penyambutan dan paparan Kajari, Adi Tyogunawan, SH MH yang termasuk menerima masukan dan saran dari para wartawan.

Menyikapi permintaan itu Tyo menyatakan kesiapannya untuk menjadi salah seorang nara sumber pada kegiatan yang akan diikuti lebih kurang 100 peserta pada angkatan pertama tersebut. Kajari pada kesempatan itu akan membahas tentang Penegakan Hukum Terhadap Penyimpangan Penggunaan Dana Desa. Dia mengharapkan akan tumbuh kesadaran akan kepatuhan hukum bagi semua warga termasuk para kepala desa dan warganya.

Nara sumber lain yang akan hadir pada kesempatan mendatang Bupati OI H Ilyas Panji Alam atau diwakili Sekda yang akan mengupas soal Sistem Informasi Desa dalam Konteks Pembangunan Desa. Kemudian Ketua DPRD H Endang PU Ishak dalam hal Hubungan DPRD dan Pers dalam mengawal aspirasi desa. Kemudian Kapolres OI, AKBP Ghazali Ahmad SIk, MH tentang aspek yuridis terhadap pengawalan pengelolaan dana desa.

Kemudian dilanjutkan dengan materi menyangkut hal-hal mendasar dan teknis untuk menjadi wartawan. Dasar-dasar Jurnalistik dan Teknik Menulis (5W +1H) oleh Sarono P Sasmito yang juga menjadi pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumsel ini.

Kemudian dilanjutkan dengan materi pembuatan rencana liputan, teknis pendalaman serta pengembangan liputan Oleh Pemred Koran Rakyat Dahri Maulana. Kemudian dilanjutkan  nara sumber lain H Ajmal Rokian wartawan SCTV, Adi Asmara SH radio El shinta, HM Syarifuddin Basrie Pemred Agung Post.

Teks/Editor: Sarono PS

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar