Parit Buntu, Perumahan Lorong Purba Kertapati Tergenang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Akibat hujan deras yang mengguyur kota Palembang kemarin, kawasan padat penduduk bedeng PJKA di Kecamatan Kertapati tepatnya di lorong Purba RT 28 RW 10 hingga saat ini masih terendam banjir sampai 10 cm.

Hal tersebut cukup mengganggu aktivitas warga yang tinggal di sekitar jalan tersebut.
“Air yang menggenang memang tak terlalu tinggi namun dari dulu setiap turun hujan beberapa jam di lorong Purba ini selalu terendam banjir,” ujar Yono, Ketua Rukun Tetangga (RT 28) saat di bincangi di kediamannya.

Selain disebabkan oleh hujan, genangan air terjadi karena tidak adanya siring atau sistem drainase yang memadai. Aliran Parit tersumbat ini ditutup rumah pemukiman warga RT 27.

“Jika banjir besar pemukiman warga ini tidak pernah kebanjiran, namun apabila ada hujan deras maka kawasan disini selalu banjir,” tuturnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerjaan umum Bina Marga selalu membangun jalan lorong tersebut namun masih jalan tetap rusak akibat genangan air.

“Disini tidak ada pengaliran pak, Parit banyak namun kalau arah menuju Dipo di buntu kemana air disini mengalir. Batas anak sungai batas di kencong arah stasiun pak,” papar ketua RT 28.

Diharapkan, kepada pemerintah kota Palembang agar dapat mencarikan solusinya. Agar bisa air hujan ini langsung mengalir kearah sungai kertapati. “Tidak perlu jalan selalu diperbaiki namun air hujan selalu menggenangi jalan warga,” terangnya.

Untuk itu, warga mengaku cukup direpotkan dengan keadaan tersebut karena genangan air baru dapat surut jika hari sudah siang itupun kalau tidak turun hujan. “Mau berangkat kerja, anak-anak yang sekolah juga kuliah susah, kadang malah tidak jadi sekolah, akibat genangan air,” tutup ketua RT 28.

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 komentar