SJD Terus Mendapatkan Dukungan

Yansuri:  Wartawan Memegang Peran Penting Bagi Pembangunan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG| Sebagai langkah untuk merealisasikan kegiatan Sekolah Jurnalistik Desa (SJD) di Kabupaten Ogan Ilir (OI) panitia tersebut terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Setelah sebelumnya mendapatkan dukungan dari Bupati OI, H Ilyas Panji Alam, Ketua DPRD OI, Endang PU Ishak, Sekda H Herman SH, MM, Dinas PMD Kabupaten OI, Trisno Pilhaq, Kapolres OI, AKBP Ghazali Ahmad, SIk MH, kemudian Kepala Kejari OI, Adi Tyogunawan, SH MH. Hari ini, Rabu (10/10) SJD kembali mendapatkan dukungan dari Ketua DPRD Sumsel, M Yansuri.

Dukungan itu terungkap dalam audiensi yang berlangsung di ruang Ketua DPRD Sumsel. Dari panitia SJD, hadir Sandi Pusaka Herman (ketua panitia), Dahri Maulana Kepala Sekolah,  Sarono P Sasmito (wakil kepala sekolah), Arie anggota panitia, Adi Asmara, Yuhermi, Zaky dan lainnya. Sedangkan Ketua DPRD didampingi Bagian Hukum Sekwan.

Sarono P Sasmito yang juga Pemimpin Redaksi Swarnanews.co.id pada kesempatan membuka pembicaraan mengemukakan, kegiatan SJD yang akan digelar Sabtu- Minggu, 13-14 Oktober 2018 di gedung DPRD OI adalah sebagai bentuk upaya untuk membekali calon-calon wartawan yang akan bertugas di desa masing-masing di Kabupaten OI. Program ini merupakan langkah pertama di OI, regional Sumsel dan secara nasional belum pernah ada yang menyelenggarakan kegiatan sejenis.

“Diharapkan dengan memahami dan memiliki kecakapan dan keterampilan sebagai wartawan mereka akan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam membangun masyarakat melalui sajian pemberitaan yang mencerdaskan,” ujar pria yang pernah menjadi Ketua Panwaslu Kabupaten OI ini.

Sedangkan Ketua Panitia Sandi Pusaka Herman pada saat itu menambahkan, dalam upaya meningkatkan Sistem Informasi Desa maka  kegiatan  SJD sangat relevan. Tema ” Mencetak Satu Jurnalis Satu Desa”  akan menjadi penyemangat peserta kegiatan  yang akan diikuti  100 peserta dari berbagai  desa yang ada di Kabupaten OI.

Kegiatan ini merupakan inisiator  Sandi Pusaka Herman Owner media cetak dan Online Tribunpos.com. Kemudian  mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik itu pemerintah setempat maupun media partner yang ada di Kabupaten OI maupun di Palembang Sumsel.

 

Audiensi berjalan dengan antusias karena Ketua DPRD Sumsel Yansuri menyambut penuh kekeluargaan.

Sandi mengatakan, legalitas kegiatan memakai PT. Tribun Graha Media. “Namun kedepannya akan memakai yayasan. Kami  berharap adanya sinergi dengan DPRD Sumsel serta meminta izin  memakai tempat,” katanya.

Kepala Sekolah SJD, Dahri Maulana yang juga Pemred  Koran Rakyat menambahkan, dia berlatar belakang konsultan media. Sedangkan sekolah jurnalistik desa awalnya digagas sebagai kegiatan non formal.  Kemudian saya mengusulkan  kepada teman-teman agar  ke depan kegiatan sekolah jurnalistik desa dapat berbadan hukum tetap. Kita sebagai jurnalis mengumpulkan teman-teman di OI  dan di Palembang agar tercipta satu desa satu jurnalis yang bisa bekerjasama untuk menyampaikan informasi desa  kepada publik, ujarnya.

Di sisi lain Sarono P Sasmito  menambahkan kegiatan ini   berawal dari keprihatinan  ketika meliput di suatu desa banyak kontroversi yang terjadi. Baik dalam penggunaan Dana Alokasi Desa dan-lainnya.  Melalui langkah ini diharapkan terbina jurnalis di desa yang profesional.

Plt  Ketua DPRD Sumsel,  M Yansuri, menyatakan mendukung kegiatan tersebut. Dia berharap melalui kegiatan tersebut dapat membekali keahlian dan wawasan bagi para pemuda desa untuk menjadi jurnalis yang mumpuni.

Tentang permintaan penggunaan Gedung DPRD Provinsi Sumsel prinsipnya dia mengizinkan untuk itu. Namun agar tidak terjadi kesalahan prosedur maka akan dipelajari hal teknisnya. “Silahkan itu jika tidak ada melanggar administrasi saya mendukung,” tegasnya.

Sebab menurut dia pendidikan kewartawanan tetap mutlak  dilakukan apalagi saat ini merupakan era informasi.

Adapun nara sumber yang akan hadir pada kesempatan mendatang Bupati OI H Ilyas Panji Alam atau diwakili Sekda yang akan mengupas soal Sistem Informasi Desa dalam Konteks Pembangunan Desa. Kemudian Ketua DPRD H Endang PU Ishak  mengupas Hubungan DPRD dan Pers dalam mengawal aspirasi desa. Kemudian Kapolres OI, AKBP Ghazali Ahmad SIk, MH tentang aspek yuridis terhadap pengawalan pengelolaan dana desa.

Kemudian dilanjutkan dengan materi menyangkut hal-hal mendasar dan teknis untuk menjadi wartawan. Dasar-dasar Jurnalistik dan Teknik Menulis (5W +1H) oleh Sarono P Sasmito yang juga menjadi pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumsel ini.

Kemudian dilanjutkan dengan materi pembuatan rencana liputan, teknis pendalaman serta pengembangan liputan Oleh Pemred Koran Rakyat Dahri Maulana. Kemudian dilanjutkan  nara sumber lain H Ajmal Rokian wartawan SCTV, Adi Asmara SH radio El shinta, HM Syarifuddin Basrie Pemred Agung Post.

Teks/Editor: Sarono PS

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar