Sumur Bor, Antisipasi Lahan Gambut di Ogan Ilir

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Kawasan lahan gambut di Kabupaten Ogan Ilir ini memang termasuk sangat luas. Karena setiap tahunnya kawasan ini sering rawan terjadinya kebakaran. Hal itu dikatakan Bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alam usai di bincangi Media Swarnanews usai menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Restorasi Gambut tahun 2018 di hotel Grand the Zuri Palembang, Senin (29/10).

“Asap tebal yang sering terjadi di kota Palembang ini adalah akibat kiriman dari kabupaten Ogan Ilir. Walaupun itu bisa dipadamkan dalam waktu yang tidak begitu lama oleh TNI dan Polri serta Basarnas,” ujarnya.

Dikatakan Ilyas, dengan adanya rapat koordinasi Badan Restorasi Gambut (BRG) melalui kegiatan program Sumur bor dapat memberikan manfaat serta bantuan untuk kawasan rawan gambut terutama di kabupaten Ogan Ilir yang nantinya akan ditempatkan di daerah-daerah yang memang dampak rawan kebakaran akibat lahan gambut.

“Didaerah di sepanjang jalan lintas atau jalan lurus, dipinggir jalan tol Palindra Pemulutan-Indralaya. Yang kawasan itu memang harus dibikinkan sumur bor sehingga apapun terjadi kebakaran bisa segera dapat dipadamkan di kawasan itu,” terangnya.

“Pemanfaatan lahan gambut ini dari kesimpulan rakor ini dapat menghasilkan sebuah keputusan, bagaimana upaya dalam mengatasi atau memanfaatkan lahan gambut yang ada di Sumsel khususnya di kawasan kabupaten Ogan Ilir,” lanjutnya.

Menurut Ilyas, kendala Pemkab sendiri untuk mengantisipasi lahan gambut, seperti biasanya saat musim kemarau TNI, Polri selalu patroli berkeliling ke desa-desa untuk mensosialisasikan dan pencerahan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahannya.Sementara ini bantuan dari pusat sampai saat ini belum ada, makanya saya berharap dengan rakor ini bantuan dari pusat bisa terealisasi ke kabupaten Ogan Ilir dan bagaimana cara mengatasi lahan gambut ini supaya bisa dimanfaatkan.

“Ya, seperti disampaikan Pak Gubernur tadi, ada beberapa lahan yang sangat luas dimiliki oleh beberapa orang jadi ini seperti lahan tidur,” paparnya.

Sementara itu, menanggapi soal Peraturan daerah terkait fungsi dan pemanfaatan lahan gambut, Bupati Ogan Ilir menanggapinya dengan santai, nanti akan diatur bagaimana baiknya, tukasnya.

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

  1. Hey! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when viewing from my iphone 4. I’m trying to find a theme or plugin that might be able to fix this problem. If you have any suggestions, please share. With thanks!