CSR Seharusnya Lebih Produktif

SWARNANEWS.CO.ID,  PALEMBANG | CSR sebagai bagian penyeimbang stabilisasi pembangunan sudah seharusnya berfungsi lebih maksimal. Kedepan keberadaan CSR diharapkan tidak hanya pelengkap tapi bisa diandalkan dan bersifat produktif.

Kondisi ini disorot langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dalam temu langsung Forum CSR Kesos Sumsel di Griya Agung, Rabu (7/11).

Diakui HD, dirinya sangat senang bisa bertemu dengan pengurus forum CSR ini, karena sosok para anggotanya sudah sangat dekat dengan kesehariannya baik ketika menjadi bupati maupun menjadi gubernur seperti sekarang.

Dikatakannya CSR ini sebenarnya merupakan tanggung jawab sosial pada lingkungan. Hanya saja selama ini keberadaannya kurang tersiar di masyarakat, padahal CSR ini bisa menjadi penyeimbang.

“Jujur saja, saya orangnya sangat tertarik memberdayakan CSR. Makanya kalau bisa jangan ada kekakuan,” pinta HD.

Karena itu agar CSR ini lebih bermanfaat HD meminta forum ini membuat rumusan agar ada terobosan yang jelas supaya hasilnya menjadi lebih produktif. Apalagi anggota forum ini berasal dari berbagai kalangan yang kompeten di bidangnya dan sudah sangat berpengalaman.

Sementara itu Ketua Forum CSR Kesos J Rianthony mengatakan sangat berterimakasih atas kesediaan gubernur Sumsel menyediakan waktu untuk menerima audiensi mereka.

Dalam kesempatan ini Rianthony mengatakan selain bersilaturhami, maksud kedatangan mereka memiliki beberapa tujuan. Di antaranya yakni mengundang Gubernur Sumsel untuk melantik dan mengukuhkan pengurus Forum CSR Kesos periode 2018-2022 pada 28 November mendatang.

Acara tersebut jelasnya akan dimeriahkan dengan sejumlah agenda seperti Seminar Nasional CSR “Social Entrepreneur”, kemudian Launching One Day One Thousand program peduli, serta One Day For Children.

“Akan ada kuliah umum Kastaf Kepresidenan RI/ Ketua Umum Pusat HKTI Bpk (Purn) Moeldoko “Inovasi Hasil Pertanian di Unsri, dan forum/temu bisnis pelaku bisnis nasional dan internasional perusahaan sektor pertanian, perkebunan pada bulan Desember,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Forum CSR Kesos ini merupakan wadah koordinasi, fasilitasi dan konsolidasi yang berperan sebagai jembatan dan sumber informasi yang kredibel dan terpercaya antara para pemangku kepentingan CSR Kesos, pemerintah, korporasi, LSM, Perguruan Tinggi, Swasta, donatur dan lainnya.

Tujuan forum ini mengkoordinasikan, menginisiasi, memfasilitasi dan mensinergikan potensi pelaku usaha, lembaga sosial, perguruan tinggi dan masyarakat untuk mengoptimalkan implementasi tanggungjawab sosial dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial sebagai upaya percepatan pencapaian tujuan pembangunan kesejahteraan sosial.(*)

Teks : Fuad
Editor : Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *