Deru Soroti ASI, Ambulance Bau Hingga Posyandu

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Karang Anyar, Gandus. Sabtu (17/11/2018).

Peringatan HKN Tahun 2018 dilkasanakan dengan tema “Aku Cinta Sehat” dan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyrakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat.

Dalam sambutannya,  Gubernur Sumsel, Herman Deru, menyoroti kebiasaan ibu muda yang tidak memberikan ASI eksklusif terhadap anak-anak.

Menurut dia, dekapan orang tua saat memberikan ASI kepada anak poin penting bagi tumbuh kembang anak, daripada pemberian ASI yang disimpan di Freezer.

“Sekarang ibu muda melakukan sedot ASI kemudian memasukannya ke dalam freezer. Saat butuh baru dikasihkan kepada anak. Ini kurang tepat karena pemberian langsung ASI Eksklusif kepada anak akan memberikan dampak yang positif bagi si anak, ” kata  Herman Deru.

Selain menyoroti tentang pemberian ASI, mantan bupati OKU Timur ini juga menyoal kondisi mobil ambulance.  Menurut dia, mobil ambulance harus wangi jangan bau obat dan sebagainya.

Sehinga kondisi mobil ambulance tidak seram.

“Bila perlu mobil ambulance dikasih parfum,” katanya.

Selanjutnya suami dari Hj Febrita Lustia ini meminta kepada dinas kesehatan yang ada di Sumsel untuk mengaktifkan posyandu. Sehingga posyandu menjadi garda terdepan pelayanan kesehatan. “Percuma pangkat besar, uang banyak tapi kita sakit sakitan,” pungkas Herman Deru.

Pada peringatan HKN ke 54 tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumsel Herman Deru, Walikota Palembang Harnojoyo, Ketua DPRD Prov.Sumsel, Perwakilan dari Kepolisian Daerah Sumsel, Perwakilan dari Pangdam II Sriwijaya, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Pengadilan Tinggi, Ketua Tim Penggerak PKK Prov.Sumsel, Kepala Instansi Vertikal di Prov.Sumsel, Asisten Setda Prov.Sumsel, Kepala OPD dilingkungan Pemprov. Sumsel, Para Direktur Rumah Sakit, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua Organisasi Kesehatan, Camat, Lurah/Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyrakat dan Kader Kesehatan.

Dalam acara tersebut gubernur diberikan kejutan pemotongan nasi tumpeng sebagai ucapan hari ulang tahun Herman Deru ke-51 yang jatuh pada 17 November 2018.(*)

Teks : Fuad
Editor : Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *