Hindari Calo Uji Kendaraan Langsung ke Loket

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Terkait peningkatan pelayanan kepada pengemudi atau kendaraan wajib uji. Balai Pengujian Kendaraan Bermotor kota Palembang telah melakukan perbaikan dalam segi hal administrasi, dimana di dalam proses uji berkala tersebut disediakan loket Bank Sumsel Babel.

Hal itu diungkapkan Kepala UPTD Uji Kir Dishub Kota Palembang, Niharmanzah saat dibincangi Swarnanews di balai pengujian Kir Jl.Kolonel H Burlian Km 3,5 Palembang, Jumat (23/11).

Menurutnya, wajib uji maupun pengemudi dapat menyetorkan langsung biaya uji ke loket tersebut.

“Kami melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan untuk memperkuat layanan kepada pemilik kendaraan dan pengemudi dengan melakukan sistem perbaikan melalui alat-alat uji kendaraan bermotor,” ujarnya.

Nihar menjelaskan, untuk sistem pembaharuan dapat dilakukan pada alat Sinister, dalam arti kata lebih memberikan pelayanan yang lebih teliti kepada pengemudi atau pengendara wajib uji agar hasil uji dapat baik. Dimana alat tersebut memakai dengan cara digital atau komputer dan waktunya juga efisien.

“Kita memahami pengemudi ini diburuh waktu, jadi kita berikan secara efektif mungkin dengan tidak mengurangi SOP sistem pengujian yang ada disini,” terangnya.

Untuk itu, diharapkan dalam target pengujian kendaraan bermotor, apa yang telah dicanangkan dan di targetkan Pemkot Palembang dapat tercapai untuk masalah pendapatan asli daerah. “Balai pengujian kendaraan akan terus berusaha dalam memberikan arahan dan motivasi serta bimbingan kendaraan pada pemilik atau pengemudi akan pentingnya pengujian kendaraan tersebut pada saat mereka beroperasi di jalan,” paparnya.

Lanjutnya, untuk sistem pelayanan dihimbau kepada masyarakat didalam pengurusan pengujian kendaraan bermotor agar dapat langsung datang ke Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPKB) tanpa melalui perantara atau calo. Baik masyarakat umum, petugas ataupun orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjanjikan kendaraan diurus dapat lulus. “Jadi jalankan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan agar tidak ada yang saling dirugikan khususnya instansi balai pengujian kendaraan kota Palembang,” imbaunya.

Selain itu, dalam mengatasi Calo BPKB selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan memberikan pengumuman berupa spanduk, pengarahan kepada pengendara masuk uji kendaraan bermotor agar berhati-hati kepada oknum-oknum maupun orang yang menawarkan pengurusan kendaraan. Dihimbau kepada masyarakat, untuk dapat menjalankan segala sesuatu dengan aturan yang ada supaya tidak dirugikan,” pungkasnya.

Sementara itu, seorang sopir perusahaan Reguler Padang Palembang Ade mengatakan, sejauh ini pelayanan di Kir menurutnya sudah bagus. Secara prosedur mulai dari pendaftaran sampai uji kelayakan kendaraan berjalan dengan lancar tidak ada kendala.

“Kendaraan di sini bergilir secara antri karena banyak kendaraan namun tertib, jadi saya menunggu sudah hampir 1 jam,” ujarnya.

Selanjutnya, Agus Herman pengurus ekspedisi dikawasan Sukabangun II menyampaikan, pelayanan di BPKB sudah sangat baik dan lancar tidak begitu lama menunggu paling 10- 15 menit. Mulai dari pendaftaran sampai tes kendaraan.

“Alhamdulillah, prosesnya lancar tidak begitu sulit, berbeda seperti dulu. Saya mengakui selama mengurus ekspedisi hampir 20 tahun, memang sangat berbeda sekali,” ucap Herman pengurus 25 ekspedisi di kawasan Sukabangun.(*)

Teks : Herwanto
Editor : Asih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *