PLN WS2JB Tanam 22.000 Pohon

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PLN melaksanakan penanaman 22.000 pohon secara serentak di Indonesia. Penanaman 22.000 pohon serentak di Indonesia ini juga dilakukan PLN Unit Induk Wilayah S2JB di Venue Aquatic Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (28/11), dengan tema Hijaukan Bumi, Selamatkan Generasi dan PLN Peduli Lingkungan.

Dalam kesempatan ini, General Manager PLN Unit Induk Wilayah S2JB, Daryono mengungkapkan bahwa program ini dilaksanakan sebagai tekad dan komitmen PLN dalam berkontribusi untuk penghijauan lingkungan.

“Di sini, PLN tidak hanya menjadi suatu instansi yang melayani masyarakat di bidang ketenagalistrikan. PLN di sini juga turut memberikan andil untuk isu-isu lingkungan melalui penghijauan. Salah satunya dengan melaksanakan penanaman pohon serentak ini,” jelas Daryono.

Melalui program PLN Peduli, perusahaan penyedia tenaga listrik ini memberikan bantuan Corporat Social Responsibility (CSR) penanaman pohon dengan nilai sebesar 120 Juta Rupiah. Bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan hutan tanaman endemik tahap pertama, hal ini merupakan wujud komitmen PLN dalam memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat.

“Program penghijauan ini merupakan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengurangi polusi yang ada di udara, karena penanaman pohon dapat mengurangi efek rumah kaca yang erat kaitannya dengan global warming,” paparnya.

“Global Warming atau efek rumah kaca adalah penumpukan gas CO2 pada atmosfer yang menyebabkan berlubangnya atmosfer, namun pohon dapat mencegahnya karena hutan dapat mengubah CO2 menjadi O2,” ungkapnya.

Dijelaskan Daryono, sejak Tahun 2017 lalu, PLN telah mencanangkan program penghijauan dengan target 13.750 pohon di dalam dan diluar unit PLN, sedangkan total realisasi pohon yang ditanam PLN mencapai 191.740 pohon.

“Tahun 2018 ini, PLN mentargetkan penanaman pohon di masing-masing Unit Induk sebanyak 1000 pohon, yang terdiri dari 10 jenis tanaman yang berbeda” katanya.

Sementara, Direktur utama Jakabaring Sport City Palembang diwakili Corporate secretary Mirza Zulkarnain mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh pihak PLN ini merupakan cita-cita dan rencana awal untuk mengolah salah satu spot di kawasan Jakabaring Sport City menjadi sebuah Wisata Edukasi Tanaman Endemik Sumatera Selatan.

“Mudah-mudahan kedepannya dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata edukatif, sehingga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kota Palembang, terutama untuk pendidikan anak-anak,” katanya.

Hadir dalam acara penanaman pohon tersebut Direktur utama Jakabaring Sport City Palembang  Maina Palo diwakili Corporate secretary Mirza Zulkarnain, General manager Unit Induk Wilayah S2JB Daryono, Tim PLN Blits Eksplore Indonesia, Kepala dinas lingkungan hidup Sumsel diwakili kasi pengembangan fasilitas Darnoto, Kadis Kehutanan Sumsel diwakili seksi pembagian perbenihan dan penghijauan Mujiono, Kadis pertanian Sumsel, Dekan fakultas unsri Palembang, serta para tamu undangan yang hadir.(*)

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *