Sekda OKI: Posko Bencana Siaga Banjir Harus Segera Dibentuk

SWARNANEWS.CO.ID, OKI | Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masih bersiaga menghadapi ancaman banjir. Hal ini mengingat saat ini kondisi di Bumi Bende Seguguk, tengah kerap dilanda hujan dengan intensitas rendah hingga sedang, bahkan semakin tinggi. Sebelumnya, daerah ini (OKI) juga siaga Karhutla.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKI, H Husin mengimbau agar instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, segera mempertimbangkan untuk membentuk posko siaga banjir.

“Kalau prakiraan dari BMKG saat ini memang tengah masuk musim penghujan. Memang belum ada laporan daerah yang tergenang tapi posko bencana siaga banjir harus segera dibentuk,” kata Husin, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, pihaknya akan segera menggelar rapat bersama dengan BPBD agar bisa diantisipasi sejak dini. Dirinya menambahkan, banjir di OKI kerap merupakan banjir musiman karena luapan air sungai.

Husin menuturkan, ada beberapa titik di wilayah Kabupaten OKI yang rentan banjir seperti Kecamatan Kayuagung, Sirah Pulau Padang, Mesuji, dan Pedamaran.

“Masyarakat sudah mengetahui hal tersebut sehingga mereka sudah bersiap dengan membangun rumah panggung. Tapi meski demikian posko siaga banjir akan tetap dibentuk, agar mempermudah evakuasi korban jika wilayahnya terjadi banjir,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin menambahkan, posko siaga banjir memang akan dibentuk tapi untuk posko induk nantinya lokasinya ditetapkan bukan di BPBD OKI.

“Kalau tim siaga bencana banjir diterjunkan di setiap titik rawan, dibantu dengan pihak kades, lurah dan camat setempat,” katanya singkat.

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *