Bawaslu OKI Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Kampanye 2019

SWARNANEWS.CO.ID, OKI | Menjelang pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar rapat koordinasi pengawasan kampanye 2019 dengan sejumlah pihak terkait.

Ketua Bawaslu OKI, Ihsan Hamidi MPd.I mengatakan, pihaknya sudah mengundang Partai politik (Parpol) peserta pemilu 2019 untuk berkoordinasi terkait alat peraga kampanye termasuk lokasi dimana dipasang alat peraga kampanye tersebut dan bersepakat untuk menjaga kondusifitas pemilu.

“Kami sudah menyurati ke parpol tentang tata terbit pemasangan APK, apabila masih terdapat alat peraga dan bahan kampanye yang masih terpasang di tempat yang dilarang, maka kami akan melakukan penertiban,” ujarnya saat membuka acara Rakor di Sekretariat Bawaslu OKI, Senin (17/12).

Masih kata Ihsan, salah satu proses tahapan Pemilu adalah masalah dugaan pelanggaran APK sesuai dengan amanat UU dan regulasi harus dilaporkan dan dikoordinasikan kepada Pemerintah, pihak keamanan dan stakeholder, karena itu pihak Bawaslu meminta bantuan kepada instansi terkait.

“Pada kesempatan ini kami meminta partisifasinya. Hari kamis (20/12) kita akan mengadakan penertiban APK yang dibantu Satpol-PP, Damkar, Dishub dan di dampingi pihak kepolisian,” ucapnya.

Ketua KPU Dedi Irawan melalui Devisi SDM Deri Siswadi menambahkan, untuk alat peraga kampanye yang di fasilitasi hanya 15 alat peraga. Dari beberapa Kecamatan jarang sekali di pasang Karena hanya memunculkan nama dan pengurus Parpol.

Lanjutnya, salah satu contoh diseberang arah jalan sepucuk kecamatan kayuagung Kabupaten OKI masih banyak APK bersebaran di pagar rumah, ditiang listrik,dan dipohon.

“Dan perlu juga kita sampaikan bahwa pemasangan atribut apapun dilarang di pasang di tempat umum,” cetusnya.

Sementara itu, kepala Dinas Perhubungan (Dishub) OKI, Syamsul Bahri, menambahkan, terkait dengan penertiban APK kami belum pernah mendengar intruksi langsung dari pusat mengenai pemasangan APK dikendaraan.

“Terkait penertiban ini pihak kami siap berpatisifasi, dan dengan kesepakatan rapat hari ini, atribut yang terpasang dikendaraan angkutan akan kami amankan,” ujarnya.

Teks : Elisa

Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *