BPH Migas Sinergi Dunia Pendidikan

Bakal Go To Campus di Indonesia

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral ( ESDM) dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) hadir untuk negeri melalui “Goes to Campus”, kali ini dimulai di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang.

Kepala BPH Migas Dr Ir Fanshurullah Asa, MT mengatakan sosialisasi BPH Migas kini yang pertama di Unsri. Diharapkan dapat saling bersinergi dan bekerjasama baik dibidang akademik, bisnis dan goverment.

“Bagaimana nanti pihak Unsri agar bisa bekerjasama dengan badan usaha Pertamina, PGN dan  BPH Migas Kementerian ESDM, dengan melakukan MoU antara pihak BPH Migas dan Unsri dalam target yang dicapai. Pihak Unsri harus bisa paham tentang BPH Migas apa tugas dan peluang untuk membuat usaha,” ujar Fanshurullah saat dibincangi usai membuka acara Goes to Campus di Gedung Manajemen Magister Unsri Bukit Palembang, Sabtu (29/12).

“Setelah sosialisasi di Unsri nantinya program goes to campus BPH Migas akan berkeliling keseluruh Indonesia terutama jurusan teknik yang berkenaan dengan Migas khususnya universitas negeri maupun swasta,” paparnya.

Kepala BPH Migas Dr. Ir. H Fanshurulah Asa MT, Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H Anis Saggaf, MSCE, Ketua I BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna dan Komite BPH Migas Ir. H. Ahmad Rizal, SH MH FCBArb.Lanjut Fanshurullah, untuk program BBM satu harga yang ditugaskan pemerintah kepada BPH Migas, Alhamdulillah berhasil. Target 2018 mencapai 130 lokasi di seluruh Indonesia termasuk Sumsel ada empat titik lokasi  sudah beroperasi  dan terbangun bahkan sudah melampaui ada satu lokasi dari 130 lokasi menjadi 131 lokasi.

“Dana BPH Migas berasal dari dana APBN melalui PNPB. Apabila dana tersebut dikelola langsung oleh BPH Migas maka bisa digunakan bermacam-macam, kemungkinan termasuk kerjasama dengan pihak kampus seperti beasiswa,” terangnya.

Komite BPH Migas, Ir. H. Ahmad Rizal, SH MH FCBArb mengatakan, saat ini BPH Migas sudah bekerjasama dengan pihak terkait dalam pengawasan BBM.

“BPH Migas sudah berkerjasama dengan Polri untuk mengawasi persediaan dan distribusi BBM. Bahkan pada September 2018 lalu menemukan perusahaan BBM yang tidak bisa menunjukkan izin dan hingga saat ini diproses hukum,” jelasnya

Menurutnya, ke depan BPH Migas juga akan membuat perwakilan di daerah agar pelayanan bisa lebih cepat karena langsung menyentuh masyarakat.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni UNSRI, Agung Firman Sampoerna menjelaskan, bahwa Ikatan alumni UNSRI untuk tahun kedepan mempunyai misi bersatu, berpikir, berbuat untuk negeri. IKA Unsri sering lakukan kerjasama dengan BPH Migas. Hal itu menjadi terpenting dan kami sangat mendorong.

Disisi lain, BPH Migas memiliki peran mengatur tata kelola dan kuota masuk gas melalui pipa karena kondisi strategis salah satunya seperti pupuk.

“Diharapkan BPH Migas membantu agar suplai pasokan Migas ke industri strategis dengan harga terjangkau. Sehingga jumlahnya dapat memenuhi produksi gas yang dapat menyumbang sektor pertanian dan perkebunan. Karena itu sebagai tulang punggung di Sumsel,” ucap anggota BPK RI ini.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unsri, Prof Anes Saggaf menjelaskan, jika dilihat kemajuan bangsa memang sangat cepat, yakni dengan melalui kampus dapat mencetak sumber daya. “Perusahaan adalah User link dan continue apa yang diperlukan termasuk kurikulum,” bebernya.

Selain itu, Ia menambahkan untuk bantuan bagi anak-anak yang tidak mampu. Program yang diusung perusahaan sangat banyak membantu melalui program CSR. Sehingga anak yang tidak mampu bisa terbantukan.

“Nah, untuk itu, dengan BPH Migas kita akan mencoba mendalami lagi. Ada dua riset besar yang akan dilakukan, apabila berhasil akan menimbulkan energi dan akan semakin simpel menghasilkan solar. Kita akan bekerjasama dengan pihak BPH Migas supaya dapat dipergunakan untuk rakyat. Soal komersial universitas itu yang kedua,” katanya.

Anes Saggaf mengucapkan terimakasih kepada BPH Migas. “Ini ide pertama, melalui IKA Unsri yang mempunyai gagasan untuk Kampus Unsri. Mudah-mudahan dapat menjadi contoh untuk kampus-kampus lain,” tutupnya.

Acara dihadiri Kepala BPH Migas Dr. Ir. H Fanshurulah Asa MT,  Ketua I BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna yang juga ketua Ikatan Alumni Unsri, Komite BPH Migas Ir. H. Ahmad Rizal, SH MH FCBArb, Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H Anis Saggaf, MSCE,  Chairani Rachmatullah Executive Vice President Gas dan BBM PT PLN Pusat, Ir. Aries Syafrizal, S.T. MSi yang mewakili Kepala Dinas  Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)  Provinsi Sumatera Selatan, Dekan Fakultas Teknik (FT) Unsri, Prof. Ir. Subriyer Nasir, MS. PhD, dan Sindu yang mewakili GM MOR II Pertamina. Sedangkan audiennya ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di Unsri untuk S1, S2 dan S3.

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS
Foto : Asri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *