Libur Akhir Tahun Rawan Bencana

Masyarakat Diimbau Berhati-hati Terhadap Bencana

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Prakiraan cuaca menjelang akhir tahun kepada masyarakat yang ingin mudik liburan. Diimbau untuk lebih berhati-hati karena belakangan ini sedang rawan-rawan bencana terutama tsunami.

Untuk itu selama di perjalanan masyarakat harus memperhatikan informasi soal perkiraan cuaca yang dapat di akses melalui website BMKG, “Hal itu disampaikan Kepala Stasiun BMKG Sultan Mahmud Badarudin II melalui Staf data dan informasi, Dara saat dibincangi, Rabu (26/12/2018).

“Untuk masyarakat yang akan berlibur di wilayah Bangka dan Jawa yang melalui jalur laut agar memperhatikan tinggi gelombang seperti di selat Sunda dengan tinggi gelombang dua sampai 3 meter sedangkan di selat Bangka dengan tinggi gelombang 1/2 meter jadi cukup aman untuk di selat Bangka,” ungkapnya.

Menurut Dara, terkait beberapa kejadian seperti tsunami di selat Sunda, namun yang lebih viral dan heboh lagi adalah suara dentuman diwilayahnya Bengkulu dan Cianjur, dan untuk saat ini tidak ada sensor BMKG yang mencatat yang disebabkan kegiatan sesmik dan untuk saat ini tidak ada data tersebut.

“Untuk secara gempa datanya tersebut tidak ada dan tidak tercatat, ini bisa saja terjadi disebabkan oleh hal yang lain, namun secara data BMKG tidak tercatat sehingga kita menyimpulkan ini disebabkan kegiatan sesmik atau kegempaan,” paparnya.

Lanjut Dara, cuaca sekarang ini sedang musim hujan disertai angin kencang dan petir sampai untuk beberapa hari kedepan. Di himbau kepada masyarakat yang sedang berlibur agar berhati-hati.

“Memang dalam satu Minggu kedepan masyarakat harus memperhatikan dari tanggal 28-31 Desember 2018. Ini berpotensi hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang yang mungkin bisa terjadi. Masyarakat harus bisa dipikirkan rencana- rencana sebelum pergi,” imbaunya.

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *