Iskandar-Shodiq Jamin Layanan Kesehatan Warga Miskin

Melalui Program OKI Sehat

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dibawah kepemimpinan Iskandar-Shodiq menjamin layanan kesehatan bagi warga miskin melalui program OKI sehat, yaitu layanan berobat gratis bagi warga kurang mampu.

H Iskandar, SE saat memaparkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati OKI masa Jabatan 2019-2024 di ruang rapat paripurna DPRD OKI, Kamis, (17/1) mengatakan, pihaknya menjamin ketersediaan akses dan keterjangkauan pelayanan kesehatan bagi warga sampai kepelosok perdesaan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang sehat, berpendidikan, dan professional.

“Program OKI Sehat ini bakal memfasilitasi 64.000 lebih masyarakat miskin di Bumi Bende Seguguk yang bersinergi dengan Program Berobat Gratis Provinsi,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan HM Lubis SKM, menambahkan, bagi warga kurang mampu dan harus mendapatkan pelayanan medis, cukup membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

“Jadi tahun ini ada 64.000 warga miskin di OKI yang bakal ditanggung biaya berobatnya. Dimana 19.000 warga yang akan berobat gratis ini ditanggung oleh Pemprov Sumsel dan 45.000 lainnya ditanggung oleh APBD Kabupaten OKI,” ujar Lubis.

Masih kata Lubis, Kalau belum terdaftar di BPJS KIS cukup buat SKTM. Nanti surat ini dibawa ke Baznas OKI, sebab Baznas inilah yang nantinya menanggung biaya berobat bagi masyarakat yang belum memiliki KIS dan belum terdaftar di BPJS Kesehatan,” terangnya.

Selain itu untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat, Pemkab OKI melakukan beberapa trobosan diantaranya, meningkatkan sarana dan prasarana layanan kesehatan, Menjamin ketersediaan obat-obatan di rumah sakit atau di puskesmas, Membangun puskesmas rawat inap di beberapa titik strategis dari masing-masing kecamatan, Menempatkan tenaga kesehatan; di fasilitas kesehatan (puskesmas dan poskesdes) dan Mengintegrasikan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *