360 Peserta Lulus PPDB SMA Plus 17 Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | SMA Plus Negeri 17 Palembang umumkan hasil tes seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 360 peserta dinyatakan lulus dari 1135 pendaftar. Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMA Plus Negeri 17 Palembang, Parmin Suwito Spd MM kepada awak media, Rabu (23/1) di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang.

“Hari ini kita umumkan hasil dari tes seleksi PPDB. 360 peserta dinyatakan lulus, dari jumlah pendaftar online sebanyak 1135 Orang dan yang registrasi ulang dan mengikuti tes sebanyak 992 Peserta,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari 360 peserta yang dinyatakan lulus 18 antaranya adalah peserta yang lulus melalui jalur Penelusuran Minat Prestasi Akademik (PMPA).

“Penelusuran minat dan prestasi akademik itu 5% berdasarkan peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan. Berarti 18 orang yang tes 992 itu akan memperebutkan 342 kursi,” jelasnya.

Untuk sistem perekrutan melalui jalur PMPA, Parmin menjelaskan bahwa pihaknya akan mengundang SMP yang ada di wilayah Palembang dengan jumlah alumni terbanyak yang masuk ke Sekolahnya.

BACA JUGA  Kemristekdikti Luncurkan Peraturan Akreditasi Jurnal Ilmiah

“Kita undang SMP baik Negri maupun Swasta dengan alumni terbanyak, minsal SMP Negeri 1 Palembang kita undang 3 karena alumni mereka sudah banyak masuk ke sekolah kita dan jalur ini tanpa tes,” tuturnya.

Sedangkan, untuk materi tes ia menyebutkan soal yang diberikan kepada peserta merupakan soal-soal dengan tingkat kesusahan yang tinggi.

“Disini yang diterima IPA 270 dan IPS 72 yang soal tesnya kalau dia peminatan IPA antaranya Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Matematika dan pelajaran IPA seperti Fisika Kimia dan Biologi namun dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi,” jelasnya.

Selanjutnya, setelah di nyatakan lulus akan ada tes lanjutan yakni tes untuk masuk ke kelas internasional.

“Kita ambil 100 peringkat terbaik kemudian tes dalam bahasa Inggris interview bahasa Inggris membuat isay bahasa Inggris dan standarnya standar internasional,” kata Parmin.

BACA JUGA  Seleksi USMB Unsri 3713 Orang Lulus

Selain itu, Parmin juga menjamin transparansi sistem penerimaan peserta Didik baru tahun ini, hal ini dibuktikan dengan digunakannya sistem elektronik dalam pelaksanaan tes.

“Apa lagi tes kali ini sama sekali udah transparan tidak bisa diintervensi dan hasilnya lebih, bisa di pantau langsung,” tutur dia.

Kepada peserta yang belum memiliki kesempatan sekolah di SMA Plus Negeri 17 Palembang dirinya menghimbau agar tetap semangat dan disarankan ke sekolah lain yang tidak kalah bagusnya.

“Himbauan bagi calon siswa di sini tidak lulus jangan berkecil hati masih banyak sekolah lain, banyak yang bagus. Mereka harus memahami dan siap untuk kalah. Anak-anak ini kan tidak siap kalah ya nanti stress nanti kecil hati masih banyak dunia lain yang lebih luas,” tuturnya.

Teks : Herwanto
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait