Dinkes OKI Fogging di Titik Rawan DBD

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Menindak lanjuti laporan masyarakat serta hasil penyelidikan epidemologi positif pasien terkena Demam Berdarah Dengue (DBD), pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan fogging di titik rawan DBD, Jumat (25/01) pagi, fogging dilakukan bersama Puskesmas Celikah untuk memberantas jentik nyamuk.

Sekretaris Dinas Kesehatan OKI, Iwan Setiawan didamping Kasi Pemberantasan Penyakit Menular, Subianto mengatakan, fogging fokus dilakukan di wilayah titik kasus Kelurahan Sukadana Kecamatan Kota Kayuagung.

“Berdasarkan hasil laboratorium PE positif DBD, perlu ditindak lanjuti dengan penyemprotan pada jentik dan sarang nyamuk,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya meminta kepada masyarakat Kabupaten OKI agar berperan serta dalam gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan pemberian abate guna membasmi jentik nyamuk.

“Mari bersama- sama melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk, membersihkan lingkungan kita dan abatesasi guna terhindar dari penyakit DBD,” pinta Iwan.

Terkait peristiwa meninggalnya satu pasien DBD di Kecamatan Tulung Selapan beberapa waktu lalu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada.

“Dari pengalaman yang terjadi di Tulung Selapan. Masyarakat melaksanakan pengobatan tradisional, selama tiga hari baru dibawa ke bidan dan selanjutnya baru dirujuk ke Rumah Sakit. Untuk itu diharapkan ke masyarakat, ketika ada keluhan panas selama satu hari segera lakukan pemeriksaan. Deteksi dini lebih baik untuk memastikan DBD itu dengan cara pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium,” tandasnya.

Teks : Elisa

Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *