Program Cetak Sawah Solusi Murahnya Harga Komoditi

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Program cetak sawah yang dilakukan di Desa Benawa, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), disambut baik oleh masyarakat setempat.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kades Benawa, Munadi SH didampingi Kepala Dusun I Desa Benawa, Muksin. Dengan adanya program cetak sawah ini akan sangat membantu meringankan beban masyarakat yang selama ini bertumpu pada hasil kebun karet dan sawit.

“Jadi kami sangat bersyukur hadirnya program (cetak sawah) ini,” kata Munadi, Kamis (03/01).

Menurutnya, ini dapat menjadi solusi atas masalah murahnya harga komoditi karet dan sawit saat ini. Ia juga menyebutkan, di daerah ini masih memiliki 600 hektar laham potensial yang bisa dimaksimalkan sebafai areal pertanian.

“Kita mengharapkan agar tahun ini (2019) akan ada lagi program cetak sawah di desa ini, karena masih tersedia sekitar 600 hektar lagi lahan desa yang belum terbuka dan siap untuk diolah menjadi lahan cetak sawah,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Riyandi didampingi Danramil 402-01/Tanjung Lubuk, saat meninjau lokasi Cetak Sawah di Desa Benawa Kecamatan Teluk Gelam menuturkan, Kodim menjadi salah satu instansi militer yang terlibat dalam program cetak sawah ini untuk melakukan pendampingan.

Pada pertengahan tahun lalu, wilayah teritorialnya mendapatkan jetah cetak sawah hingga ratusan hektar yang terbagi di beberapa wilayah.

“Untuk cetak sawah di Desa Benawa ini masih dalam tahap pengerjaan dengan lahan yang telah mencapai sekitar 63%, dan sebagian lahannya sudah ditanami padi oleh petani setempat,” katanya.

“Kita sangat mengharapkan agar Babinsa yang bertugas sebagai pendamping cetak sawah, selalu berperan aktif sejak dimulainya pembukaan lahan, pengolaan lahan, penanaman padi serta pemeliharaan tanaman padi, hingga pada saatnya nanti turut serta dalam membantu melaksanakan panen bersama-sama,” tandasnya.

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *