Wujudkan Milenial Cinta Lalu Lintas, Polres OKI Gelar Milenial Road Safety Festival

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG |Guna mewujudkan milenial cinta lalu lintas, Polres Ogan Komering Ilir (OKI) bakal menggelar milenial road sefty festival. Puncak acaranya akan dipusatkan di Taman Segi Tiga Emas Kayuagung pada 16 Maret 2019.

Kegiatan tersebut diperkirakan akan diikuti oleh 3.000 orang peserta.

“Kita akan ada event besar yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan ke depan,” ungkap Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra, SH,Sik, MM melalui Kasat Lantas Polres OKI AKP Ricky Nugraha, S.Ik saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (23/01).

Hal yang mendasari kegiatan ini, kata Kasat, menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2018, 55,6 persen kecelakaan lalu lintas itu cenderung berasal dari kaum muda yang masih produktif.  Secara spesifik 28,12 persen korban yakni dari kalangan pelajar dan mahasiswa atau lebih dikenal dengan sebutan generasi milenial.

“Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan, karena akan mengurangi angka kerja dan mengancam potensi sumber daya kepemimpinan nasional di masa depan. Kita ketahui, generasi berikutnya atau generasi ke depan ini merupakan harapan bangsa sebagai generasi penerus,” ujarnya.

Mengingat hal itu, masih kata Kasat, maka terbentuklah suatu gagasan tentang rencana penyelenggaraan kegiatan milenial road safety festival, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan milenial cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang serta untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas.

“Guna tercapainya tujuan road safety to zero accident dan terbangunnya budaya tertib berlalulintas, khususnya di kalangan generasi milenial. sehingga diharapkan adanya peningkatan serta terwujudnya keselamatan di jalan dan turunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan,” tegas Kasat.

Kami informasikan juga, kata Kasat lagi, bahwasanya kegiatan ini berlangsung tidak hanya di Kabupaten OKI. Namun juga di 34 provinsi di Indonesia secara keseluruhan. Diikuti oleh 2 juta orang peserta dengan rincian 300 ribu orang untuk acara di Jakarta, 10 ribu orang di wilayah provinsi atau kota – kota besar, misalnya Palembang.

“Untuk tingkat kabupaten seperti yang diadakan di Kayuagung ini, nantinya kurang lebih 3.000 orang peserta. Sekarang ini kita masih tahap melaksanakan kegiatan yang disebut pra kegiatan milenial road sefty festival. Karena acara itu mulai dilaksanakan 2 Februari sampai dengan acara puncaknya pada 16 Maret 2019,” ungkap Kasat.

“Jadi sudah jelas siapa yang bisa mengikuti kegiatan ini yaitu generasi milenial, artinya siapapun silakan boleh ikut. Kegiatan yang keempat yakni otomotif milenial peduli road safety, kegiatan ini diisi free style sebagai hiburan dan yang akan dilombakan yakni modifikasi kendaraan yang akan dinilai. Dilaksanakan 24 Februari hingga 3 Maret 2019,” jelas Kasat.

Kegiatan yang kelima,  Safety riding dan driving akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 10 Maret 2019. Untuk posisi di mana tempatnya masih akan kita koordinasikan dahulu. Ini kegiatannya apa? Mungkin kita akan mengundang pihak dealer baik Honda maupun Yamaha, agar dapat bergabung bersama kami.

“Yang terakhir atau kegiatan yang keenam, kisaran tanggal 10 hingga 15 Maret kita akan laksanakan kegiatan touring milenial. Konsep dari touring milenial ini kita akan mengajak komunitas motor dan lainnya, artinya tidak hanya 1 komunitas diajak. Diisi dengan kegiatan sosial, misal membagikan sembako bagi warga yang membutuhkan,” tandas Kasat.

Teks: Elisa

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *