Tak ada TPA, Warga Buang Sampah di Pinggir Jalan

7 Februari 2019 8:33 am,

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, membuat warga di Jalan Koramil, Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, terpaksa membuang sampah di pinggir jalan.

“Ya, lucu mas, warga memang sengaja membuang sampah di bawah papan larangan. Karena tidak ada TPA sampah, padahal tertulis jelas akibat membuang sampah sembarangan akan diancam hukuman penjara,” kata Supri warga setempat.

Kalau Perda Nomor 04 tahun 2016 ancamannya bisa dipenjara dan didenda hingga Rp 500 juta rupiah. Warga malah sengaja membuang sampah di sempadan jalan.

“Percuma ada Perda kalau tidak ada pengawasan ketat dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Sama saja perdanya mandul,” cetus dia.

Harusnya, setiap adanya papan larangan tersebut harus dilengkapi dengan CCTV, sehingga dapat melihat siapa saja yang membuang sampah di lokasi larangan tersebut.

“Harusnya dipasang CCTV, jadi siapa saja yang membuang sampah di lokasi kemudian ditayangkan di media sosial atau masukkan koran, sehingga ada efek jera,” imbuh dia.

Sementara Samsul Rizal SP, anggota DPRD Banyuasin, mengatakan, di Kecamatan sudah ada UPTD Kebersihan dan mereka harus gencar mensosialisasikan Perda tersebut, sehingga warga mengetahui manfaat perda tersebut.

Bahkan Syamsul menambahkan, harus adanya peran penting pihak perusahaan yang berdomisili di Kecamatan Talang Kelapa untuk menyiapkan kotak sampah.

“Pemkab Banyuasin melakukan koordinasi perusahaan yang ada di Kecamatan Talang Kelapa, dengan menggunakan dana CSR untuk menyediakan kotak sampah, maka persoalan sampah segera dapat diatasi.

Apalagi, Kecamatan Talang Kelapa berbatasan langsung dengan Kotamadya Palembang. “Malu la kalau wilayah perbatasan terkesan kumuh. Padahal Kecamatan Talang Kelapa dalam penyangga ekonomi terbesar untuk Kabupaten Banyuasin,” tegas dia. (*)

Teks : Heri Julianto
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait