Talang Keramat Dihiasi Sampah

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, membuat warga di Kelurahan Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, terpaksa membuang sampah di sempadan jalan penghubung Kelurahan Talang Keramat menuju Kenten Laut.

Ardi (36) warga setempat, mengatakan, tumpukan sampah bau busuk sudah menjadi pemandangan sehari – hari bagi warga di Kelurahan Talang Keramat. Bahkan persoalan ini tak perna usai.

“Ya, dek. Sampah berserakan di sisi jalan menjadi icon Kelurahan Talang Keramat. Seakan menjadi identitas masuknya wilayah Kabupaten Banyuasin,” keluh dia.

Persoalan sampah seakan tak pernah habis. Akibat pembangunan perumahan yang tidak menyediakan TPA Sampah, sehingga warga terpaksa membuang sampah di sempadan jalan.

“Sebuah pembangunan pasti ada dampak, namun persoalan ini semestinya dapat diminimalisir, jika adanya aturan Pemerintah mewajibkan setiap Pembangunan perumahan menyediakan TPA Sampah,” ujar dia.

Berharap pada Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang baru ini, dapat merubah Kelurahan Talang Keramat bebas dari sampah.

“Kami berharap adanya terobosan besar Pemkab Banyuasin, untuk menyelesaikan persoalan sampah dan memperketat izin perumahan yang tidak memenuhi kewajibanya untuk membangun TPA Sampah dan Fasilitas lainya. Sehingga Kelurahan Talang Keramat tidak terkesan kumuh,” imbuh dia.

Sementara Lurah Talang Keramat Yahya, mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah di sempadan jalan di Kelurahan Talang Keramat.

“Dengan himbauan tersebut, agar warga menaati Perda yang ada. Bahwa sanksi yang diberikan besaran denda, sehingga penerapan Perda sampah dapat disosialisasikan kepada warga,” harap dia (*)

Teks : Heri Julianto
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait