Karang Taruna Dijatah Rp.5 Juta per Desa

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Gubernur Sumsel Herman Deru menerima kunjungan Ketua Karang Taruna Sumsel Robby Kurniawan dan rombongan, Rabu (27/02). Dia menuturkan, Pemprov Sumsel telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk kegiatan kepemudaan di Sumsel.

“Kita melihat ada potensi besar di kalangan pemuda yang harus kita perhatikan. Karena itu kita sudah anggarkan untuk kepemudaan di Sumsel ini sebesar Rp15 miliar. Artinya untuk satu desa di Sumsel mendapatkan kucuran Rp5 juta, khusus untuk pembinaan kepemudaan,” ungkap Herman Deru.

Deru menilai, Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang memiliki peran penting dan berada pada posisi garda terdepan di dalam mengaktifkan kegiatan kepemudaan baik di perkotaan maupun di tingkat desa.

Deru berharap, dana yang telah dialokasikan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya. Seperti pembinaan olahraga dan sejenisnya.

Ini salah satu cara kita mendorong pemuda agar aktif. Organisasi Karang Taruna bisa menjadi penggagas di berbagai bidang, seperti  bidang pertanian, keagamaan dan lainnya,” katanya.

Karang Taruna ke depan juga diharapkan cepat tanggap dengan segala kondisi yang terjadi di tengah masyarakat.

“Apa yang bisa dikerjakan segera lakukan, koordinasi dengan pihak atau lembaga terkait. Sehingga dalam kegiatannya sinergi dengan pemerintah,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Deru juga menyampaikan dalam waktu dekat akan menggagas lahirnya Satgas NKRI di tubuh Karang Taruna.

“Satgas ini akan segera kita lantik. Dengan harapan nanti mereka dapat terlibat langsung dalam membantu pengamanan dan menjaga keberlangsungan demokrasi di Sumatera Selatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sumsel Robby Kurniawan  menyampaikan, pihaknya akan mendukung semua program pembangunan yang diprogramkan Gubernur Sumsel. Karena itu, dirinya meminta pemerintah tidak sungkan melibatkan Karang Taruna.

“Kami menerima saran dari Pak Gubernur agar  bisa berbuat nyata untuk pemuda, berinovasi dan kreatif. Kehormatan bagi kami bisa ketemu langsung dengan pak ubernur,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini tengah dilakukan pendataan di tingkat desa. Setidaknya sudah ada 380 Karang Taruna Desa di Sumsel yang tersebar di 17 kabupaten/kota. (*)

Teks : Fuad
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait