Cegah Karhutbunla, Pemkab Gelar Apel Kesiapsiagaan

3 Juli 2019 6:41 pm,

SWARNANEWS.CO.ID, PANGKALAN BALAI | Pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan terus digelorakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin. Hal ini ditegaskan Bupati Banyuasin H.Askolani, SH., MH dalam acara Apel Kesiapasiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (Karhutbunla) di Halaman Kantor Bupati, Kamis (11/04).

Bupati Askolani mengatakan sejak ditetapkan pada tanggal 1 Maret 2019 tentang status siaga darurat, Pemkab merespon melalui kegiatan pencegahan bencana asap, kebakaran Hutan, kebun dan Lahan di Kabupaten Banyuasin melalui himbauan dan pengecekan lapangan secara cepat.

“Ada beberapa tahapan-tahapan pengendalian Karhutbunla mulai dari pembentukan desa peduli api, koordinasi konsolidasi serta sosialisasi antara TNI Polri, Manggala Agni hingga perusahaan perkebunan, Perlunya Evaluasi ketaatan terhadap SOP ( Standar Operasional Prosedur) dan pemberdayaan masyarakat sekitar dengan – pelatihan pelatihan”, katanya.

BACA JUGA  Pemkab Optimis Rampungkan Tata Kelola Kota Pangkalan Balai

Dalam mencegah kebakaran hutan, kebun dan lahan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin, Askolani menerapkan Berbagai langka pencegahan yang telah dilakukan mulai dari membentuk desa-desa peduli api, dan memfasilitasi terbentuknya posko-posko peduli api di 21 kecamatan hingga membangun embung-embung penampungan air.

Tak lupa, Askolani juga mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama sama bersatu bersinergis dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada mulai dari tingkat Desa dan Kecamatan. Melalui Danramil, Kapolsek, Lurah, Kades, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat agar dapat melakukan patroli secara rutin ke daerah-daerah yang rawan.

BACA JUGA  Kemkominfo RI Berkerjasama Dengan Diskominfo Sumsel Menggelar Bimtek PPID

“Pentingnya penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi kebakaran hutan, kebun dan lahan sekecil apapun, guna mencegah kebakaran semakin besar,” tandasnya.

Apel ini di ikuti, jajaran TNI/Polri, Unsur Basarnas, Unsur Tagana, Pol PP Damkar, Manggala Agni, pramuka, dan masyarakat peduli kebakaran. Serta diikuti 54 perusahaan perkebunan.

Turut Hadir pada Apel gabungan Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi SM Pinem, S.Ik., Kajari Banyuasin La Kamis, SH., MH, Pj. Sekda Banyuasin, Para Asisten, Kepala OPD Banyuasjn, Manggala Agni Perwakilan Pimpinan Perusahaan Perkebunan, Tokoh Masyarakat.

Teks : Ril/Diskominfo/PKP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait