SMAN Gaul Kayuagung Bertekad Menjadi Garda Terdepan

Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan

 

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Tak bisa dipungkiri keberadaan SMA Negeri 3 Unggulan (SMAN Gaul) Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan sangat mewarnai dunia pendidikan bukan hanya di wilayah Kabupaten OKI. Namun kiprahnya telah dikenal menorehkan berbagai prestasi para siswanya yang luar biasa.

Kegiatan Pramuka memupuk jiwa kepemimpinan siswa.

Torehan prestasi inilah yang membuat sekolah ini menjadi tempat favorit para orangtua untuk menitipkan putra-putrinya untuk digembleng di lembaga pendidikan yang dikenal sangat memiliki disiplin tinggi ini.

“Inilah yang menjadikan  sekolah kami bukan hanya diminati oleh para orangtua murid dari seantero Sumsel, tetapi juga dari berbagai penjuru bahkan ada yang dari Medan Sumatera Utara dan berbagai provinsi lain menitipkan anaknya ke lembaga pendidikan ini,” ujar Tuti  Rahayu, SPd, MPd  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum kepada Swarnanews di kantornya di Kayuagung OKI, Jumat (26/4/2019).

Tuti  Rahayu yang saat itu didampingi Ketua P2M (Pusat Pengkajian Minat) Budiyono SPd, MSi  ini mengemukakan, lembaga pendidikan yang dipimpin oleh Drs Sugiyono, MM ini hingga saat ini terus menghasilkan lulusan terbaik yang kemudian berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi negeri favorit di tanah air. Saat menempuh pendidikan tinggi juga mereka berhasil menjadi lulusan terbaik sehingga setelah berhasil menamatkan jenjang strata 1, banyak yang langsung lanjut S2 bahkan banyak alumni kami yang telah berhasil menyandang gelar doktor.

Drs. Sugiyono MM Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung.

Menurut Budiyono, untuk tahun 2019 ini SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung melepas enam rombongan belajar terdiri atas 4 kelas IPA dan 2 kelas IPS yakni sebanyak 182 siswa yang terdiri atas 80 putra dan 102 putri. Dari jumlah itu sebanyak 40 persen berhasil diterima di perguruan tinggi negeri yang melalui jalur SNMPTN.

“Kemarin yang mendaftar dari sekolah kita terdiri 73 siswa dari jalur SNMPTN, yang diterima 28 siswa dari 73 siswa, dan sisanya di jalur mandiri, PMDK atau sekolah kedinasan dan lainnya,” tambahnya lagi.

BACA JUGA  Puluhan Ribu Siswa SMK di Sumsel Siap Hadapi UNBK 2 April 2018

Sedangkan fakultas favorit masih didominasi Fakultas Kedokteran, dari 28 siswa yang diterima SNMPTN enam diantaranya di Fakultas Kedokteran.

“Allhamdulillah kalau untuk Fakultas Kedokteran tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” ucapnya penuh syukur.

Sedangkan untuk mengarahkan mereka agar menjadi insan yang berguna di masyarakat, Sugiyono dan para guru di sekolah tersebut juga mengarahkan para siswa jangan hanya terpaku ke jalur SBMPTN tetapi ada juga yang diarahkan ke jalur vokasi ada yang diterima di Universitas Indonesia (UI) dan perguruan tinggi favorit dan prestise lainnya.

Hal menggembirakan lainnya, tamatan sekolah ini seluruhnya melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan data tiga tahun terakhir 100 persen siswa kita melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi mulai dari D3, D4 dan S1, tambah ujar Budi yang dikenal memiliki berbagai talenta dalamn membina siswa ini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Tuti Rahayu SPd MPd, Ketua P2M Budiyono SPd MSi  dan Drs. Sugeng Setiyanto guru senior saat wawancara dengan kru Swarnanews.

Saat ditanya target ke depan, Sugiyono yang memberikan penjelasan melalui Budiyono mengemukakan, ke depan pihaknya terus berusaha mempertahankan eksistensi SMAN 3 Unggulan Kayuagung ini sebagai institusi pendidikan terunggul di Kabupaten OKI dan Sumatera Selatan, termasuk unggul secara nasional, bahkan bila mungkin secara Internasional.

Sedangkan mengenai SPP siswa, Budi menjelaskan untuk SPP siswa membayar Rp300,000 per bulan yang telah disepakati sesuai rapat komite. Uang sejumlah Rp300,000 per siswa itu untuk biaya penyelenggaraan pendidikan.

Sementara mengenai skala ekonomi orangtua siswa, menurut Budi orang tua siswa yang berpenghasilan dibawah Rp2juta sekitar 42 persen, 20 persen orang tua siswa yang berpenghasilan di bawah Rp500ribu masuk kategori siswa tidak mampu mereka mendapatkan subsidi dari sekolah dan sisanya berpenghasilan di atas Rp2 juta yang berkewajiban membayar SPP sesuai yang ditetapkan melalui rapat komite tersebut.

Kegiatan Rohis membentuk jiwa siswa dalam mengamalkan Islam secara kaffah atau menyeluruh dan holistik.

Tuti Rahayu, menambahkan, pihaknya mempunyai Program Unggulan yang terbagi menjadi 4 kategori terdiri dari katulistiwa yang seluruh siswa di wajibkan dengan tujuan membekali dasar-dasar ilmiah, kemudian Program Kelas Olimpiade untuk memfasilitasi mereka yang mempunyai bakat di bidang-bidang olimpiade, yang ketiga ada Program Profesi yang singkatan dari Program Pembinaan Olahraga Prestasi dan Seni ditujukan untuk mereka yang mempunyai bakat di bidang olahraga maupun seni, yang terakhir adalah Bahasa Inggris dengan tujuan memperdalam minat bakat di Bahasa Inggris.

BACA JUGA  ALSA LC Unsri Gelar Seminar Arbitrase, Para Mahasiswa Antusias Ingin Jadi Arbiter

“Pembina Program Katulistiwa, olimpiade dan Bahasa Inggris dari sekolah kita dan memberikan kesempatan kepada pembina Program Prestasi dari luar,” jelasnya.

Para siswa yang dibentuk menjadi unggul pada diri masing-masing tersebut dididik oleh 43 guru yang terdiri dari S2 sebanyak 15 guru dan 28 guru strata 1. Untuk mendukung operasional sekolah tersebut mereka didukung oleh 35 orang tenaga TU.

Sugiyono yang juga alumni  Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri ini menambahkan prestasi terbaru yang berhasil diraih April 2019 ini sebagai pemenang LCC Empat Pilar MPR RI  sebagai juara I mengalahkan sekolah-sekolah  favorit di Sumatra Selatan. Even tersebut digelar selama tiga hari dari tanggal 5-7 April 2019 di Hotel Duta Palembang.

Atas keberhasilannya ini Tim LCC Empat Pilar SMAN 3 Unggulan Kayuagung akan mewakili Sumatera Selatan pada tingkat Nasional yang akan digelar pada tanggal  8 – 17 Agustus 2019 di MPR RI. Lebih  istimewa lagi sekolah yang dipimpinnya  sudah tiga  kali mewakili Sumatera Selatan pada  ajang tersebut  yakni  tahun 2013 dan 2015.  Prestasi terbaik sampai babak final 6 besar nasional. Kini tahun ini 2019 akan berjuang dan bertekad menjadi Grand Final  menjadi 3 besar Nasional.

Melalui capaian prestasi tersebut pihaknya  bertekad menjadikan SMAN 3 Unggulan Kayuagung menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini.

Teks: Elisa
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait