Pleno Rekapitulasi, PDIP Peroleh Kursi Terbanyak

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dipastikan memperoleh kursi terbanyak di Parlemen Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) periode 2019-2024.

Dari 45 kursi wakil rakyat yang ada, PDIP mendapatkan 7 kursi setelah memperoleh total suara 69.004 pada pemilu lalu.

Walaupun saat ini memperoleh kursi terbanyak, namun jumlahnya sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan periode sebelumnya yang memperoleh sembilan kursi.

Hasil ini diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKI menyelesaikan pleno rekapitulasi di tingkat KPU OKI, Minggu (05/05) malam.

“Pleno menetapkan perolehan suara Pilpres, Pileg DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Sumsel dan DPRD OKI. Seluruh hasil akan dibawa ke KPU Sumsel berikut kartu suara untuk diplenokan di sana,” kata Ketua KPU OKI Deri Siswandi. Senin (06/05).

Perolehan suara dan kursi parlemen terbanyak ke-dua disusul oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan enam kursi. Bertambah satu kursi dari periode sebelumnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil meraup lima kursi. Perolehan ini sama dengan dua partai lainnya Golkar dan Gerindra.

Sedangkan partai Nasdem yang periode sebelumnya berhasil meraih tujuh kursi, pada periode 2019-2024 ini hanya memperoleh empat kursi parlemen. Begitu juga partai Hanura yang periode ini kebagian empat kursi.

Partai pendatang baru, Perindo pada periode awalnya mengikuti kontestasi pemilu ini berhasil meraih satu kursi parlemen di Kabupaten OKI dengan perolehan 9.087 suara.

Sedangkan beberapa partai lain seperti Partai Garuda, Partai Berkarya, PPP dan PKPI belum berhasil mendudukkan wakilnya di kursi DPRD untuk periode ini.

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *