LPMP Gelar Bimtek Guru Pendamping MGMP

  • Berbasis HOTS Tingkatkan Capaian Mutu Guru Profesional

SWARNANEWS.CO.ID, INDRALAYA |Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumsel di bawah kepemimpinan Drs. Suyato, MAP terus menggelar berbagai program untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi (Higer Order Thingking Skil/HOTS).
“Melalui langkah itu diharapkan agar terbentuk komptensi guru yang baik dan professional,” ujar Drs. Suyato, MAP kepada Swarnanews saat menjelang penutupan kegiatan  di kantor LPMP Indralaya, Senin (21/5/2019) kemarin.
Guru yang baik dan professional, tambah Suyato yang mampu dan professional dalam hal merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi yang akan memiliki implikasi positif pada kualitas hasil belajar siswa.

BACA JUGA  Kuliah Umum Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI Hadirkan Pembicara Dari Unpad

 

Para peserta kegiatan saat acara penutupan. (Foto Humas LPMP)

Hadir dalam kegiatan yang berlangsung di LPMP dari tanggal 18 sampai 21 Mei 2019 tersebut sebanyak 272 guru jenjang SMA dan SMP mewakili masing-masing MGMP. Mereka terdiri atas 34 Guru Matematika, 34 Guru Bahasa Indonesia, 34 Guru Bahasa Inggris untuk jenjang SMA. Sedangkan untuk jenjang SMP 34 Guru IPA, 34 Guru IPS, 34 Guru Matematika, 34 Guru Bahasa Indonesia dan 34 Guru Bahasa Inggris.
Mereka dibimbing oleh narasumber yang terdiri atas para pejabat struktural LMPMP Sumsel, Widyaiswara dan PTP LPMP Sumsel yang telah mengikuti pembekalan Narasumber Nasional Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Sill (HOTS) di Kemendikbud.

BACA JUGA  Kemuliaan Para Pencari Ilmu

 

Kepala LPMP Sumsel, Drs. Suyato, MAP saat menerima Swarnanews di kantornya. (Foto istimewa)

Adapun materi yang diberikan kepada peserta yakni meliputi Kebijakan Program Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumsel, Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, PPK dan Gerakan Literasi Nasional (GLN).
Lalu dilanjutkan dengan pendalaman materi pembelajaran, pengembangan pembelajaran berorientasi HOTS, Penilaian berorientasi HOTS, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, praktik pembelajaran HOTS dalam bentuk peer teaching. Kemudian orientasi program, pengembangan MGMP dan rencana tindak lanjut.

Teks/Editor: Sarono PS

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait