KTNA XIII, Kepala Daerah Sumsel Pakai Jumputan Gambo Muba

SWARNANEWS.CO.ID, MUBA | Pelaksanaan pembukaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-13 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan dipusatkan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada 24 Juni 2019 nanti direncanakan akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pertanian.

Tidak hanya diisi kegiatan yang meriah dan menarik, Kepala Daerah 17 Kabupaten/Kota di Sumsel yang akan turut hadir nantinya pada pembukaan Peda KTNA yang mana Muba bertindak menjadi tuan rumah akan mengenakan seragam khas Muba yakni Gambo Muba.

“Jadi nantinya pada pembukaan KTNA, Kepala Daerah dari masing-masing Kabupaten/Kota yang hadir akan memakai Gambo Muba,” ungkap Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi.

BACA JUGA  Kader Banteng Muba Ramai-ramai Ziarah ke Makam Soekarno

Lanjutnya, Gambo Muba merupakan eco fashion yang saat ini sudah menuju go Internasional dan juga bertengger di event-event fashion tingkat internasional.

“Ini merupakan kearifan lokal yang kini mulai dilirik di kancah internasional, oleh sebab itu kita harus terus mendukung dan mengangkat Gambo Muba sebagai kain tenun khas kabupaten Musi Banyuasin yang diinisiasi oleh ibu ketua TP PKK MUBA Hj Thia Yufada ini dan pada kesempatan baik Muba Sebagai Tuan Rumah KTNA XIII tingkat provinsi yang diselengggarakan di Ibu Kota Musi Banyuasin Sekayu, tentu moment ini juga kita manfaatkan mengangkat seluruh potensi potensi kearifan lokal Musi Banyuasin salah satunya Kain Jumputan Gambo Muba dan termasuk potensi pertanian perkebunan perikanan dan potensi lainnya yang wajib kita promosikan,” pungkas sekda H Apriyadi.

BACA JUGA  Ramai-ramai Belajar Pembuatan Gula ke Sumut

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, Ir A Thamrin mengatakan bahwa bahan baju saat  pembukaan kain jumputan gambo Muba sudah didistribusikan Keseluruh Kepala Daerah yang ada di Sumsel termasuk tamu undangan VVIP lainya dan telah kami cek dan konfirmasi ulang dan dipastikan masing-masing daerah telah menerima, jelas Thamrin.

Teks : Malaka/Ril
Editor : Asri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait