Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-1336 Kota Palembang Usung Semangat Pelaksanaan RPJMD Konkrit

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Rapat Paripurna Istimewa Masa Persidangan II peringatan ke-dua XLVII, hari jadi Kota Palembang ke- 1336 tahun 2019 resmi dilaksanakan di Gedung DPRD Kota Palembang, Senin (17/6/2019).

Ketua DPRD Kota Palembang H. Darmawan SH, menyerahkan nasi tumpeng kepada Walikota Palembang, H Harnojoyo, saat Rapat Paripurna Istimewa Masa Persidangan II peringatan ke-dua XLVII, hari jadi Kota Palembang ke- 1336 tahun 2019.

Melalui hari jadi Kota Palembang ke-1336 mewujudkan ekonomi umat dengan semangat gotong royong dan gerakan Subuh Berjamaah menuju Palembang EMAS Darussalam 2023.

Sesuai jadwal yang telah disepakati tentang rapat paripurna istimewa dalam rangka sebagai hari puncak peringatan hari jadi Kota Palembang 1336, berdasarkan batu prasasti bertulis Kedukan Bukit dinyatakan bahwa hari jadi Kota Palembang jatuh pada tanggal 5 Hasadah 651 Saka, bertepatan pada 17 Juni 683 Masehi.

“Sejarah Palembang pernah menjadi ibu kota kerajaan Bahari Budha terbesar di Asia Tenggara. Kota yang dikenal sebagai Bumi Sriwijaya, sesuai sejarah merupakan momen yang tepat merefleksikan perjalanan hidupnya baik prestasi dan harapan yang diraih,” kata Ketua DPRD Kota Palembang H. Darmawan SH, saat membuka rapat paripurna.

Di hari istimewa ini, sebagai umat Islam kita sudah melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan dengan penuh hikmah, merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1440 Hijriyah. Atas nama pribadi dan Pemkot Palembang mengucapkan Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin. Juga mengucapkan selamat hari jadi Kota Palembang ke- 1336 kepada seluruh masyarakat, dirgahayu Kota Palembang.

BACA JUGA  Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Pemprov Sumatera Selatan ke-73

“Suatu kebanggaan dapat bertemu dengan bertepatan momentum hari jadi Kota Palembang. Hal ini bagian dari tanggung jawab dan komitmen bersama guna mewujudkan kebijakan pembangunan di semua bidang. Mari tingkatkan semangat gotong royong dan sholat Subuh berjamaah bersama masyarakat, dalam mewujudkan Palembang Emas Darussalam tahun 2023,” ujar Walikota Palembang H. Harnojoyo.

“Alhamdulillah pada 15 Maret 2019, Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Palembang tahun 2018-2023 telah disahkan DPRD Kota Palembang. Dengan ditetapkan Perda ini, maka dapat dilaksanakan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Palembang selama lima tahun kedepan,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat menghadiri acara Paripurna tersebut, sebelumnya mengucapkan selamat HUT Kota Palembang ke-1336. Selaras dengan usianya yang semakin tua, tetap menampakkan pembangunan yang cukup baik. Tentunya Pemerintah Provinsi akan langsung berperan aktif tidak hanya membiarkan Pemkot dan Pemkab lainnya untuk berupaya sendiri.

BACA JUGA  LP3M Al-Isra Adu Kecerdasan Anak SD Lewat Cerdas Cermat

Oleh sebab itulah pengajuan Pemprov disetujui DPRD Provinsi memberikan bantuan sesuai dengan keinginan Pemkot, yakni peningkatan perbaikan pembangunan infrastruktur.

Muaranya tentunya menurunkan angka kemiskinan, nilainya mencapai Rp. 86 miliar dan itu pun bisa langsung digunakan. Dana tersebut merupakan bantuan untuk daerah bawahan dari Pemprov membantu ke kota. Dan ini tentunya proses budgeting DPRD kota atas persetujuan DPRD Provinsi.

Rapat tersebut dihadiri Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta jajaran, Ketua DPRD Sumsel, H. A. Gantada, SH, M.Hum, Khairul S. Matdiah (Wakil ketua), Waka Polda Sumsel, Brigjend Pol Drs Deni Gepril SH, Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han), Danlanal, Danlanud, Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf. Honi Havana, M.MDS, Kejati, Kejari, Mantap Walikota, H. Husni, Sekda Kota, H.Harobin Mustofa Palembang, dan semua pejabat di jajaran Pemkot dan DPRD Kota Palembang.

Teks : Herwanto/ADV
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait