Butuh Modal Usaha, Solusinya BPR

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palembang memberikan modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berkisar Rp 3 juta dengan bunga administrasi
di bebankan subsidi oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Koperasi dan UMKM.

Kucuran dana UMKM di Kota Palembang tahun 2019 sebesar Rp 1 Miliar. Saat ini sudah berjalan khusus UMKM sebanyak 4.173 nasabah.

Hal tersebut diungkapkan Account Officer BPR Palembang, Wenny NP saat di bincangi wartawan di stand pameran Expo Hut Kota Palembang le-1336 tahun, di Halaman Gedung DPRD Sumsel, Jumat (21/6/2019).

“Pinjaman dana dilakukan secara berjenjang kepada nasabah berkisar Rp 3 juta, diangsur Rp 250.000 per-bulan selama 12 bulan. Bunga hanya 1 persen tetapi subsidi dibebankan Pemkot,” paparnya.

BACA JUGA  Deklarasi Kampanye Damai, Akhor : Era Milenial, Era Politik Gagasan

Untuk proses persyaratan peminjaman di BPR, Wenny menjelaskan sesuai prosedur harus memiliki usaha minimal 2 tahun, Tempat tinggal sendiri dengan sistem kolektif.

“Nasabah wajib mengumpulkan berkas dengan melampirkan surat pengantar dari tingkat RT, Kelurahan, Kecamatan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang. Diserahkan pihak BPR sebagai referensi dengan proses pencairan paling lambat 3 hari setelah survei,” urainya.

Mengenai nasabah nakal atau belum bayar angsuran, pihak BPR akan melayangkan surat peringatan. Kebanyakan permasalahan nasabah nakal itu karena jarak tempuh yang jauh untuk membayar di Bank BPR.

BACA JUGA  Perkuat Penegakan Hukum, BPJS Kerjasama Dengan Kejaksaan

“Memang nasabah UMKM banyak yang nakal, tetapi BPR di backup dari pihak Kelurahan dan Kecamatan. Jadi ketika nasabah macet atau tidak lancar, maka akan diberikan surat peringatan melalui tingkat Kecamatan karena setiap bulan pasti ada yang nakal, Metode pembayaran bisa melalui Alfamart, Indomaret, kantor BPR ataupun pihak kelompok UMKM di kelurahan,” tutupnya.

Teks : Herwanto
Editor : Asri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait