Palembang Target Besar Pasar UMKM Kabupaten Kota se-Indonesia

Deru Minta Pugar UKM Palembang

 

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kota Palembang yang ke-1336, Pemerintah Kota Palembang mengadakan penggelaran Palembang Expo 2019 dengan target mampu menyedot pasar UMKM di seluruh Indonesia untuk meningkatkan bargaining Palembang sebagai kota industri perdagangan.

Event yang digelar dari tanggal 20 Juni 2019 – 24 Juni 2019 nanti ini memamerkan produk hasil kerajinan tangan, wisata, dan pennluang investasi.

“Dengan menghadirkan pameran mulai dari investasi, perdagangan industri, produk/jasa unggulan, kerajinan, dan wisata Nusantara. Dan juga ada sebanyak 50 stan dari dalam dan dari luar Kota Palembang mengikuti dan membuka stan di event Palembang Expo ini dengan tujuan agar masyarakat bisa mencintai produk dalam negeri dan bisa menggerakan ekonomi kerakyatan,” Tutur Anna Heriana selaku Ketua Pelaksana Palembang Expo yang ke-9.

Gubernur Sumatera Selatan juga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel juga memberikan bantuan modal tanpa bunga dan pelatihan atau binaan untuk UMKM yang ada di wilayah Kota Palembang.

BACA JUGA  Antisipasi Makanan Bepormalin, Pemerintah dan BPOM Perketat Pengawasan

“Menyediakan anggaran modal kepada UMKM sebesar Rp. 11 Milyar dan masyarakat yang diajukan juga variable untuk satu UMKM dengan syarat mempunyai usaha,” tuturnya.

Ada juga UMKM-UMKM yang ada di luar Kota Palembang yang mengikuti pameran ini seperti Butik Syifa dari Sragen, dan ada juga dari Pematang Siantar. Yang artinya Palembang layak menjadi target pasar bagi industri kecil dan jangan kalah saingan dengan daerah-daerah lain,“ tegasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan dengan adanya Palembang Expo UMKM yang ada di Wilayah Kota Palembang dapat berkembang dan bersaing lagi dan Pemerintah Kota juga tidak akan diam saja membiarkan UMKM terpuruk mereka akan tetap mensupport dengan adanya bantuan pinjaman dana dan binaan juga. Tujuanya hanya satu agar seluruh UMKM di Kota Palembang bisa maju pesat, bisa bersaing dengan usaha-usaha yang lebih besar, tegasnya.

“Dipameran ini kita harus mengambil kesempatan, promosi penting untuk investor, tetapi yang paling penting itu kondusifitas daerah,” katanya.

BACA JUGA  RSMH Pertama Pemasangan Alat Pacu Jantung Tanpa Bedah

Wakil Wali Kota Palembang Fitri Agsustinda, juga meminta kepada semua masyarakat Palembang agar bisa menyukseskan Palembang Expo 2019.

“Palembang adalah kota yang aman untuk berinvestasi, sebelumnya Dinas Penanaman Modal kita telah mendapatkan penghargaan di South Sumatera Invesment Forum 2018, ini menjadi bukti kondusifitas daerah kita,” katanya.

Terpisah, pada pembukaan Expo kemarin, Gubernur Sumsel Herman Deru, sempat berharap jika bantuan Pemprov Sumsel sebesar Rp. 86 miliar untuk infrastruktur juga bisa digunakan untuk memoles pasar dan menertibkan para pedagang seperti di Beringin Janggut dan lainya.

“Setidaknya ada sesuatu semangat baru geliat UKM di Palembang, ditata, di cat atapnya atau didesain semenarik mungkin agar jadi acuan perbaikan semuanya,” imbuhnya.

Ia berharap, kedepan di setiap expo, UKM sudah bisa menampilkan hasil super kreatif di era 4.0 menuju 5.0 ini. “Jadi idak cuma keripik bae yang dijual,” kata Deru dengan nada bercanda. (*)

Teks: Syariah
Editor: Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait