Selang Penyepuh Emas Bocor, Toko Emas di Kayuagung Nyaris Terbakar

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Salah satu toko emas di Pasar Shoping Center, Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sempat terbakar akibat bocornya selang penyepuh emas, Senin (24/06).

Informasi yang dihimpun, api berasal dari selang alat penyepuh emas dengan bahan bakar bensin di toko Emas Kau milik Hasan tersebut bocor. Berkat kegesitan para penjaga toko emas dan warga mengatasi kebakaran ini, kerugian akibat kejadian ini bisa diminimalisir.

“Ada kebocoran saat nyepuh emas. Alhamdulillah tidak ada kerugian (emas) hanya saja saat api muncul di sekitar sumber api banyak plastik jadi cepat nyambar,” kata penjaga toko emas, Abu saat ditemui di lokasi kebakaran.

Rekan dari Abu yang saat itu turut menjaga toko, Yusuf mengungkapkan, saat kejadian mereka langsung memanggil penjaga toko lain dan langsung saling bantu memadamkan api.

BACA JUGA  Karang Taruna OKI Dilatih Entrepreneur

“Tadi fokus ke pemadaman. Sempat ada api yang naik, tapi Alhamdulillah tidak sempat terbakar,” ujarnya.

Kepanikan ini cepat hilang setelah api yang diketahui berasal dari Toko Emas Koyamah tersebut berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

“Iya sempat panik tadi, ada yang lari keluar dan ada anggota langsung membantu memadamkan api dengan air dan ember seadanya,” kata seorang penjaga konter handphone di sekitar lokasi kejadian.

Ditemui di lokasi kebakaran, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Sat Pol PP Kabupaten OKI, Alexander Bustomi membenarkan bahwa sempat terjadi kebakaran di toko tersebut.

BACA JUGA  Atlet Basket Berhijab Pembawa Obor Asian Games di OKI

“Tapi Alhamdulillah berkat kerjasama dan bantuan dari kawan-kawan pedagang dan pengunjung api cepat berhasil dipadamkan sebelum sempat membesar,” kata Alex.

Menurutnya, memang saat terjadi hal seperti ini (kebakaran) bisa dipastikan akan terjadi kepanikan. Namun dirinya tetap mengharapkan agar kejadian seperti ini bisa dijadikan pelajaran salah satunya dengan melengkapi setiap toko atau tempat usaha dengan alat pemadam api ringan (APAR).

“Disarankan punya tabung APAR khususnya yang punya potensi kebakaran. Tujuannya apa, ketika ada api tabung itu bisa langsung digunakan dan ini terus kita sosialisasikan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” tandasnya.

Teka : Elisa
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait