Mendesak, BNNP Butuh Lembaga Rehabilitasi

Teratai Putih Masuk Zona Merah

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) diperingati setiap 26 Juni harus jadi tonggak keberhasilan pengentasan narkoba. Selain target membangun gedung rehabilitasi, BNNP berharap para pihak siaga zona merah narkoba seperti di Palembang bertempat di Teratai Putih.

Karena seluruh dunia merasa prihatin dengan marak dan merajalelanya narkotika secara internasional dan terus meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BNNP Sumsel Jhon Turman Panjaitan saat di wawancarai awak media saat acara peringatan HANI, bertempat di Asrama Haji, Rabu (26/6). Menurutnya di Sumsel hampir 100 ribu terdeteksi menggunakan barang haram jenis narkoba.

BACA JUGA  Bank Sumsel Gelontorkan 60 000 Real

“Saya sudah sampaikan ke Gubernur agar membuat anggaran tambahan untuk membangun lembaga rehabilitasi. Lokasinya sudah ada yang menawarkan di Pagar Alam dan Ogan Ilir, ” jelasnya.

Melalui peringatan HANI, pihaknya ingin menanamkan daya tahan, daya tangkal
pengaruh buruk dari narkotika. Mana kala usia remaja, ada yang membisikan narkoba, dirinya sudah kebal dan tidak mudah terpengaruh dengan narkoba .

“Data peredaran yang kita diungkap tahun ini, belum begitu signifikan. Tapi kita yakin yang kita tangkap ini bagian sedikit yang lolos. Yang lolos cukup banyak. Kita mengajak seluruh komponen masyarakat bersinergi, melaksnaakan sosialisasi pemberantasan narkoba di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” katanya.

BACA JUGA  Alumni UIN Raden Fatah Silahkan Lapor jika Belum Miliki PIN Ijazah

Menurutnya, jika lembaga rehabilitasi ini selesai dibangun, maka 100 ribu pemakai narkoba ini bisa segera diobati. Sehingga putuslah demain dan suplai. Sekarang permintaan dan penjualan secara diam diam.

“Untuk zona merah peredaran narkoba yakni di Palembang Teratai Putih di tempat lokalisasi. Kemudian di OKI Desa Gajah Mati, Sungai Meneng, Kecamatan Mesuji yang sangat rentan. Setelah itu, di Pali Desa Air Itam dan beberapa tempat lainnya,” pungkasnya.(*)

Teks : Herwanto
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait