Temu UMKM dan Penghargaan Craft Creativity Competition 2019

10 Juli 2019 3:32 pm,

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Acara Temu UMKM dan Penyerahan Penghargaan Craft Creativity Competition 2019 yang berlangsung di Aula Dekranasda Jakabaring Palembang, Rabu (10/7/19), BI memyambut baik kegiatan ini, dan membuka acara temu UMKM yakni Yunita Resmisari, BI perwakilan Sumsel.

Ketua Dekrenasda Sumsel Hj. Febrita Lustia HD pada kesempatan tersebut mengatakan, Dekranasda sebagai mitra pemerintah untuk mengembangkan kerajinan termasuk pengrajinnya, realisasinya dengan mengenalkan usaha kecil di Sumsel.

Pada kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Sumsel menghimbau peranan BUMN BUMD agar dapat ditingkatkan untuk pengembangan kerajinan di sumsel. “Produk Sumsel jangan hanya jadi tuan rumah sendiri tetapi bisa dikenal diluar,” ujarnya.

Sementara Ketua panitia Dr. Sri Rahayu mengatakan pusat kerajinan, memunculkan kerajinan unggulan agar dapat benar-benar menggerakkan perekonomian Sumsel.

“Untuk itu kami berharap dukungan dari Gubernur dan BUMN, BUMD sebagai penggerak. Sementara tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, kwalitas dan kredibilitas suatu UMKM di Sumsel serta memberikan pembinaan kepada para pelaku UMKM bekerja sama dengan Sampoerna,” ungkapnya.

BACA JUGA  Rahmad Darmawan Latih Sriwijaya FC Usai Umrah

Sementara Jeriantoni Ketua Forum CSR Sumsel, mengatakan, dekranasda diharapkan dapat menjadi pusat kerajinan, pusat hiburan dan olahraga ringan. Dengan lokasi seluas 17 ha diharapkan dapat terealisasi berkat dukungan pak Gubernur. Sekaligus mendirikan pusat UKM se Sumatera Selatan yang akan menampilkan semua hasil kerajinan dari 17 UMKM Kabupaten kota yang ada di Sumatera Selatan.

“Insyaallah akan dilakukan jambore UMKM akhir tahun 2019 yang akan diikuti oleh sebanyak 10 ribu UMKM di Sumatera Selatan,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengharapkan Dekranasda memfasilitasi sampai etalase sebagai tempat berjualan para pengrajin. Di sumsel ada ribuan UMKM yang ada, ini adalah peluang yang besar. ” Saya ingin dekranasda berkolaborasi hingga ke pelosok desa, BUMN, BUMD serta pemerintah. Terutama yang punya kepedulian dan tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan,” ujar Gubernur.

BACA JUGA  SMPN 1 Muara Enim Gondol Juara Permuseuman

Lanjutnya, Kita semua harus peduli bagaimana cara menjadikan UMKM ini sebagai lapangan kerja baru. “Kita tidak harus meniru, yang saya inginkan sebagai pembina kita harus awali dengan membaca peluang pasar, apasih yang diinginkan oleh pangsa pasar,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan dan hadiah kepada beberapa pelaku UMKM yang berhasil pada Craft Creativity Competition diantaranya diberikan kepada Karyani pengrajin anyaman purun dari Kabupaten Ogan Ilir, Welis pengrajin daur ulang koran bekas dari Palembang, Noni zhofi rumah jahid tas handmate dari Palembang, Nana magic craft dari Palembang, Rici kreasi tas bambu dari Kabupaten Musi Rawas dan IIs Rohani pengrajin kalung dari Petai China dari Kabupaten Musi Rawas.

Teks : Ani
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait