21 Hari Balai Arkeolog Sumsel Temukan 187 Situs Megalit

15 Juli 2019 4:10 pm,

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Kembali rombongan Tim Balai Arkeolog Sumsel menemukan sekitar 187 situs Megalit yang tersebar di Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Penemuan situs Megalit tersebut ditemukan mereka selama 21 dan meminta kepada seluruh lapisan masyarakat yang berada Disana untuk memelihara dan melestarikan nya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Balai Arkeolog Sumsel Kristiantina Indriastuti di Kantor Kecamatan Pajar Bulan dalam acara sosialisasi hasil penelitian. Dimana hasil penelitian penemuan situs megalit ini menghadirkan narasumber dari Arkeologi Balai Arkeologi Sumsel Dr. Anggraini Dosen Arkeologi UGM, Rochtri Dosen Udayana Bali, M.Rechan Koi dari UI, Mario Andramatic selaku Moderator.

Menurut Kristiantina, selama 21 hari dirinya bersama tim telah menemukan sekitar 187 Situs Megalit yang tersebar di Wilayah Kecamatan Pajar Bulan diantaranya Dolmen, Batu Datar, Lumpang batu, Lesung Batu, Tetralit, Trilit, Arca Ibu gendong bayi, karateristis dari Situs Megalitik di Pajar Bulan memiliki kemiripan dengan megalithik yg ditemukan di India.

BACA JUGA  Dandim 0405 Ajak Jaga Kedaulatan NKRI

Baca Juga : Bupati Lahat Perintahkan Kadis Pariwisata Buat Kereta Gantung

“Alhamdulillah, ternyata penelitian kami selama disini tidak sia-sia, kedepan kami akan melakukan penelitian kembali ditempat yang berbeda,” tuturnya.

Pihak pemerintah dalam hal ini Camat Camat Pajar Bulan sangat mensuport dan mendukung dengan adanya tim penelitian situs megalithik. Ucapan terima kasih pun dilontarkan camat kepada Balai Arkeolog Sumsel dalam meneliti situs purba kala yang berada di kecamatannya.

BACA JUGA  Cik Ujang Lantik Pj Sekda Lahat

“Dengan banyaknya penghetahuan, informasi mengenai megalitik di Wilayah Sumsel terutama Pajar Bulan, sangat berhubungan dengan pendidikan terhadap masyarakat luas termasuk pemerhati budaya dan kalangan pendidikan terhadap megalalit yang mempunyai Historis yang bersejarah agar tidak punah dan sampai anak cucu kelak,” terang Sarmisi selaku Camat Pajar Bulan.

Adapun peserta dalam sosialisasi ini ialah warga setempat, juru pelihara situs, Camat Pajar Bulan , STKIP Muhamadiyah Pagar Alam, STIE Lembah Dempo, Lembaga Adat, Lembaga Budaya, Budayawan Daerah, Kades Pajar Bulan, Panoramic Of Lahat, Disdikbud Lahat, Disdikbud Pagar Alam dan Seketaris Pariwisata Lahat.

Laporan : Jumra
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait