Kemeriahan Karnaval ‘Kebhinekaan’ Melebur Jadi Satu

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Ribuan masyarakat mengikuti kegiatan jalan santai dan karnaval kebhinekaan, dipusatkan di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Minggu (20/7). Melalui rute BKB, Kantor Pos, Kantor Walikota, River Side dan kembali di BKB.

Kegiatan yang sedang berlangsung ini merupakan sebagai momentum peringatan HUT Bhayangkara ke-73. Diikuti dari berbagai kalangan baik Polri, TNI, Pemerintah Daerah, Instansi Lembaga, Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat.

“Saya atas nama Pemkot Palembang mengucapkan dirgahayu Bhayangkara yang ke-73th. Jayalah selalu Republik Indonesia.

Sesuai tema, “Wong Kito Galo Merajut Kebhinekaan membangun kebersamaan dalam keragaman guna mewujudkan Indonesia Unggul,” kata Walikota Palembang H. Harnojoyo dalam sambutannya.

Selain itu, sebagai upaya untuk menjaga persatuan dan kesatuan, sebagaimana diketahui bersama, Indonesia itu kaya akan keberanekaragaman budaya, suku dan bahasa yang disatukan dalam Bhinneka tunggal Ika.

“Dari keberagaman itulah membuat Indonesia kaya, kita dipersatukan dalam Pancasila tepatnya sila ke-3 (Persatuan Indonesia). Dan semboyan ” Bhinneka tunggal Ika” berbeda-beda beragam tapi tetap satu dalam persatuan,” terangnya.

BACA JUGA  Gandeng Klinik Ummat, ACT Kembangkan PHC di Palembang

Melalui momentum karnaval ini, mari tetap jaga terus persatuan dan kesatuan dengan menjalin silaturahim, sehingga dapat terwujud hubungan yang harmonis.

Atas nama Pemkot Palembang mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat Sumsel pada umumnya khususnya Kota Palembang terhadap perhelatan Akbar sehingga penyelenggaraannya dapat sukses dan lancar.

Diharapkan jalinan kerjasama yang terjalin selama ini dapat terus terlaksana dengan baik dan lebih ditingkatkan guna mewujudkan suasana yang kondusif. Serta mengajak elemen masyarakat terutama TNI-Polri untuk mendukung program Pemkot Palembang dalam mewujudkan visi dan misi Palembang Emas Darussalam.

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan, keberagaman yang ada di Indonesia harus terus dirajut dengan persatuan.

Hal ini diungkapkan Harnojoyo saat menghadiri acara jalan santai dan Karnaval Kebhinekaan dengan Tema, “Wong Kito Galo Bersatu Merajut Kebhinekaan Membangun Kebersamaan dalam Keberagaman Guna Mewujudkan Indonesia Unggul,” di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Sabtu (20/7/2019).

“Bangsa Indonesia ini dikaruniai oleh Allah dengan keberagamaan, mulai dari agama, suku, ras, dan budaya, namun tidak membuat kita terpecah belah, mari kita terus kita rajut keberagamaan ini dengan persatuan dan kesatuanin, Ungkap Harnojoyo.

BACA JUGA  Masyarakat Harus Hati-Hati Pilih Travel Umrah

Harnojoyo mengatakan, perbedaan pilihan dan cara pandang masyarakat memang wajar, tapi persatuan di atas segalanya.

“Pilihan politik boleh beda, cara pandang boleh beda, tapi tetap persatuan NKRI harga mati,” katanya.

Harno menambahkan, dalam pemilu Presiden dan legislatif yang baru saja usai, pelaksanaannya berjalan aman dan damai.

“Alhamdulillah pelaksanaan pemilu khususnya di Sumatera Selatan dan Kota Palembang berlangsung sukses dan aman serta damai, ini semua berkat sinergi yang baik antara Pemerintah, TNI, Polri, dan Masyarakat,” ujarnya.

Karnaval kebangsaan ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Kapolda Sumatera Selatan, Pangdam II Sriwijaya, Kajati Sumatera Selatan, unsur Forkompinda Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang serta ribuan masyarakat Sumatera Selatan.

Menampilkan berbagai budaya Indonesia, orasi kebangsaan dari Gubernur, Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumatera Selatan, atraksi terjun payung TNI Polri, serta hiburan oleh artis ibukota.

Teks : Ril/Herwanto
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait