APP Sinar Mas Siagakan 799 Personel Pemadam

Laksanakan Program Desa Mandiri Peduli Api

 

SWARNANEWS.CO.ID, OKI | Sebanyak 799 personel pemadam di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan telah di siagakan Asian Pulp Paper Sinar Mas, hal ini dilakukan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pada 2019.

Selain itu untuk langkah pencegahan, APP Sinar Mas Region Palembang melaksanakan Program Desa Mandiri Peduli Api di sekitar lahan konsesi, tujuannya agar warga menghilangkan kebiasaan membakar lahan yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

Fire Operation Manager Head Sinar Mas Forestry Region Palembang, Mares Prabadi, mengatakan pihaknya siaga mulai Juni sampai Oktober 2019 dengan menargetkan bebas asap dan bebas api.

“Kami terus memonitor cuaca terkini dan prediksi curah hujan di Kabupaten OKI, untuk sementara memang curah hujan terpantau terus berkurang, sehingga kesiagaan petugas ditingkatkan,” jelas Mares, di Kayuagung, Selasa, (30/7/2019) .

BACA JUGA  Paslon AQOR Diduga Langgar Batas Sumbangan Kampanye

Menurutnya perusahaan menjalankan dua strategi dalam menghadapi kebakaran lahan, yakni langkah pencegahan dan mitigasi berupa meminimalkan resiko kebakaran.

Ketika api terdeteksi, petugas perusahaan pemantau kurang dari satu jam sudah di lokasi sebelum luasan api mencapai 0,1 hektare, hal itu bisa dilakukan karena dukungan berbagai fasilitas berupa 135 pos pantau, 19 drone, 23 menara api, dan 35 menara api mini.

APP Sinar Mas sudah menyiagakan empat perahu air, 89 unit transportasi air, 40 truk pemadam api, 40 mobil patroli, 114 motor patroli ran menepatkan pos pantau di area-area rawan.

BACA JUGA  Kantongi Narkoba, Warga Teloko Dibekuk

“Perusahaan menyiagakan 799 personel regu pemadam kebakaran, 21 tim reaksi cepat dengan bantuan 451 pompa air dan tiga unit helikopter pembawa air,” ungkapnya.

Pemantauan kebakaran meliputi seluruh lahan konsesi dan desa-desa di sekitar dengan radius 5 kilometer, namun jika di luar radius terjadi kebakaran maka Sinar Mas tetap akan memadamkan.

“Jika memang dirasa akan membahayakan konsesi maka tim akan terjun, Sinar Mas juga sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di OKI sehingga tim pemadam tetap bisa masuk kalau ada kebakaran di lahan konsesi mereka,” tambah Mares.

Teks/Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait