Jelang HUT ke-74 RI, Penjual Bendera Mulai Ramai di OKI

Jual Pernak-Pernik Khas Kemerdekaan

 

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Menjelang perayaan HUT RI ke-74, pedagang musiman yang menjual pernak-pernik khas hari kemerdekaan mulai bermunculan.

Beberapa pedagang terlihat menjajakan atribut perayaan HUT RI di sepanjang Jalan Letnan Muchtar Saleh, jalan menuju Pasar Tradisional dan jalan Protokol di Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Mulai dari bendera merah putih beragam ukuran, background hingga umbul-umbul berwarna warni yang dipajang untuk menarik perhatian pembeli.

Rosi salah satu pedagang atribut kemerdekaan mengakui, ia memanfaatkan momen menjelang HUT RI ini dalam mencari penghasilan sejak lima tahun belakangan ini.

“Sudah lima tahun ini. Paling mulai jualan menjelang Agustus sampai perayaan HUT RI nanti,” ujarnya, Rabu (31/07).

Meski enggan mengungkap omset yang didapat, Rosi mengatakan, rata-rata penghasilannya dalam sehari mencapai Rp200.000.

“Biasanya semakin dekat hari H, itu semakin ramai yang beli. Jadi semakin dekat kadang lebih dari Rp200.000 perhari,” katanya.

Rosi menuturkan, harga yang ditawarkan pun beragam, yakni antara Rp10.000 hingga Rp250.000 ribuan.

BACA JUGA  Petugas Gabungan Berhasil Temukan Pabrik Tahu Formalin di OKI

“Tergantung sama benderanya, kalau yang 5 cm Rp10.000 untuk bagi pengendara bermotor, 8 cm hingga 180 cm per satuan bisa dijual Rp20.000 hingga Rp250.000/cm,” ujar Rosi.

Terkait lokasinya berdagang, lanjut Rosi, dirinya merasa tidak begitu mengganggu pengguna jalan karena barang dagangannya disusun cukup rapi. Bahkan dirinya mengklaim dagangannya ini membuat jalan menjadi berwarna.

“Dengan berdagang kami juga ikut menyemarakkan HUT RI ke-74. Jadi orang yang lewat bisa ingat dan tahu kalau hari ulang tahun kemerdekaan sudah dekat,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para pedagang terlihat tetap menjaga kebersihan. Dagangan pun ditata rapi, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan dan pengendara kendaraan bermotor.

Terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten OKI, Alexander Bustomi saat dihubungi mengimbau, agar para pedagang bendera yang kini mulai bermunculan tersebut untuk lebih tertib dalam memilih tempat berdagang.

BACA JUGA  Pemkab OKI Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Baru

Menurutnya, jika para pedagang ini tidak tertib hal ini akan menggangu keamanan dan kenyamanan. Bahkan, jika aspek-aspek ini tidak diperhatikan bisa membahayakan pengendara.

“Memang para pedagang musiman ini tidak terhindarkan setiap tahun. Namun hendaknya dalam berjualan para pedagang ini memperhatikan beberapa aspek seperti kenyamanan, keamanan dan kalau bisa tidak menggangu,” kata Alex.

Untuk itu, lanjut Alex hendaknya para pedagang ini tidak berjualan di trotoar dan memilih lokasi berjualan di tempat yang tidak menggangu. Karena menurut Alex, jika para pedagang ini dilarang berjualan kemungkinan masih ada warga yang membutuhkan.

“Jadi bukan tidak boleh berjualan, silahkan mereka berjualan tapi tertib. Kalau memang mau berjualan silahkan memilih tempat yang tidak menggangu, atau mau berjualan di dekat taman silahkan asal jangan mengganggu,” jelasnya, seraya mengatakan pihaknya akan menurunkan petugas untuk memberikan imbauan kepada para pedagang agar lebih tertib.

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait