Jelang Idul Adha, Disbunak OKI Pastikan Hewan Layak Kurban

SWARNANEWS.CO.ID, KAYUAGUNG | Jelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) OKI memastikan, hewan-hewan yang dijual para pedagang di OKI layak untuk dikurbankan.

Pengawasan dan pemeriksaan ini untuk memastikan hewan kurban memang layak untuk disembelih, selain itu pemeriksaan dan pengawasan ini juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat kabupaten OKI yang akan memilih hewan kurban.

Kepala Disbunak Kabupaten OKI, Aris Panani melalui Kepala Seksi Pemeriksaan Masyarakat Veteriner, Amril mengungkapkan, selama beberapa hari terakhir pihaknya menyebar petugas di 18 Kecamatan yang ada di OKI untuk memeriksa setiap hewan kurban yang dijual.

BACA JUGA  Surat Suara Pemilu Tiba di KPU OKI

“Kami periksa untuk memastikan kondisi hewan kurban, apakah layak dari segi umur, kesehatan dan lainnya,” katanya, Kamis (08/08).

Menurutnya, pada pemeriksaan ini memang ada yang ditemukan hewan yang terkesan sakit mata, akan tetapi ini merupakan penyakit ringan dan tidak membatalkan untuk dijadikan hewan kurban.

“Kecuali kambing tersebut pincang permanen atau sakit, sehingga tidak layak dijadikan hewan kurban,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, dengan dilakukan pemeriksaan ini ternak yang diperiksa secara teknis layak sebagai ternak kurban dan daging yang dihasilkan diharapkan memenuhi prinsip Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

BACA JUGA  Atasi Kebakaran Lahan, Jajaran Polres OKI Bergerak Cepat

Sementara itu, salah seorang pedagang hewan kurban di Kayuagung, Hendra Jahri mengungkapkan, dirinya tidak keberatan dengan adanya pemeriksaan hewan ini.

“Ini demi keamanan dan kenyamanan konsumen,” katanya.

Hendra menjual hewan jenis kambing Etawa asal Lampung. Dirinya memilih jenis kambing ini karena ukuran kambing ini sendiri tergolong besar dan banyak digemari.

Teks : Elisa
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait