447 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah se-Sumsel

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Sebanyak 447 siswa madrasah dari kabupaten/kota se-Sumsel mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumsel di Palembang 14-15 Agustus 2019. Kegiatan ini dibuka Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi di Gedung Serbaguna Asrama Haji Palembang, Rabu (14/8) sore.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel H. Khusrin menjelaskan, peserta KSM merupakan siswa-siswi madrasah tingkat ibtidaiyah (MI), tsanawiyah (MTS) dan aliyah (MA) dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Mereka akan berlomba di sembilan bidang yang dilombakan, yaitu Matematika Terintegrasi (MI, MTS, MA), IPA Terintegrasi (MI), IPA Terpadu Terintegrasi (MTS), IPS Terpadu Terintegrasi (MTS), Biologi Terintegrasi (MA, Fisika Terintegrasi (MA), Kimia Terintegrasi (MA), Ekonomi Terintegrasi (MA), dan Geografi Terintegrasi (MA).

BACA JUGA  Sekolah Diliburkan 3 Hari Kedepan

“Kegiatan digelar selama dua hari 14 dan 15 Agustus. Para peserta menginap di Asrama Haji Palembang dan mengikuti lomba di Komplek MAN 3 Palembang, MAN 2 Palembang, dan MTSN 2 Palembang,” jelas Khusrin.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi dalam arahannya berharap, KSM mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain memiliki dan mengamalkan ajaran agama, setiap siswa madrasah diharapkan juga mampu membangun bangsa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Dalam KSM peserta dibiasakan untuk selalu meningkatkan daya nalar, kreatifitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh sebab itu, KSM merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas,” tutur Fajri.

BACA JUGA  Pemprov Sumsel Gelar Persiapan IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) ke-11

Dia juga berharap, para peserta bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan mengikuti kegiatan lomba dengan penuh semangat dan sportivitas. Juara pertama di tingkat provinsi ini nantinya akan mewakili Sumsel di ajang yang sama di tingkat nasional. “Selamat berlomba, kita akan bertemu di even KSM nasional di Manado pertengahan September mendatang,” tuntas Fajri.

Teks : Ril
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait