Pendaftaran Calon Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Dibuka

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya periode 2020-2024 akan segera berlangsung dan sudah m dibuka pendaftarannya sejak 19 Agustus hingga 1 September mendatang. Hal ini diatur dalam Permendikbud No 54 tahun 2011 pada pasal 24 ayat 2 tentang masa jabatan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya adalah selama 4 (empat) tahun.

Hal tersebut diungkapkan ketua Pelaksana Dicky Septianto didampingi wakil ketua Drs A Fuad, Sekretaris Hetty Maileni dan Humas Edi Aswan saat menggelar konfrensi pers, di Gedung Aula Politeknik Negeri Sriwijaya, Rabu (15/8/2019).

“Dengan berakhirnya masa jabatan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya periode 2016-2020, maka senat mengadakan pemilihan sesuai Peraturan Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 19 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian pemimpin perguruan tinggi,” ujarnya.

Dicky menjelaskan, tahap penjaringan bakal calon Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya dilaksanakan paling lambat 5 (lima) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sedang menjabat.

BACA JUGA  Direktur PENTIS Kemenag RI Launching Website ELT Conference

Menyikapi keberlakuan hukum secara waktu, senat Politeknik Negeri Sriwijaya telah menetapkan peraturan senat Nomor 1 tahun 2019 tentang tata cara pemilihan. Untuk pelaksanaan kegiatan, panitia telah membentuk pemilihan Direktur dengan ketetapan senat.

“Ada empat tahapan dalam pemilihan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya yakni tahap penjaringan bakal calon, penyaringan calon, pemilihan calon dan tahap penetapan dan pengangkatan,” urainya.

Lanjut Dicky, hasil dari penjaringan dan tahap penyaringan ditetapkan melalui rapat senat secara tertutup. Pada tahap pemilihan yang memiliki hak suara adalah Anggota Senat dan Menteri dengan komposisi hak suara senat 65 persen, sedangkan Menteri sebesar 35 persen dari total suara.

“Ada 36 anggota senat dan 19 orang dari Menteri yang bakal menentukan siapa bakal calon terpilih Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya periode 2020 – 2024, ” jelasnya.

BACA JUGA  Uji Komponen Mobil Blits Tour Indonesia

Sementara, persyaratan bakal calon Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya harus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki pengalaman sebagai dosen dengan jenjang akademik, Berusia batas umur 60 tahun, Pengalaman manajerial paling rendah sebagai ketua jurusan atau 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi dan lainnya.

“Ada 14 points persyaratan yang harus di miliki bagi para calon direktur dan 16 dokumen pendaftaran untuk dilengkapi bagi para calon. Bisa diantar langsung ke panitia mulai 19 Agustus sampai 1 September atau melalui kantor pos paling lambat 29 Agustus. Untuk lebih lengkap silahkan buka www.senat.polsri.ac.id, segala sesuatu diputuskan dalam senat,” tandasnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait