LP3M Al-Isra Adu Kecerdasan Anak SD Lewat Cerdas Cermat

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pemberdayaan Masyarakat (LP3M) Al-Isra terus menampakkan taringnya. Tak tanggung-tanggung, melalui even gelar cerdas cermat tingkat SD se-Sukarami (15/8) berhasil menghantarkan sekolah swasta Islam SDIT Fathonah menjuarai lomba, baru disusul SDN 135 juara kedua, dan SDIT Khalifah sebagai juara ketiga.

“Selamat dan sukses bagi para pemenang lomba, SDIT Fathonah sebagai juara cerdas cermat tingkat SD Kelurahan Sukodadi, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 sekaligus menjadi ajang asah kecerdasan, mental dan bakat anak anak SD agar mereka lebih matang dalam penguasaan ilmunya. Bagi juara kedua SDN 135 dan SDIT Khalifah juga kami banggakan, semoga ajang ini akan terus memberikan rangsangan terbaik tumbuhnya generasi cerdas sehat mental dan fisik, ‘kata Ketua LP3M Al-Isra Ismail Ahmad, S.Pd, MM, didampingi Ketua Pelaksana Lomba Syarif Usman, saat dibincangi di Kantor Utama LP3M.

Pelaksanaan lomba ini diikuti oleh 7 lembaga sekolah SD dengan mekanisme penyisihan sebanyak tiga putaran. Dimana babak putaran pertama semua sekolah diadu secara bersamaan, SDIT Fathonah, SDIT Khalifah, SDH 243, SDN 120, SDN 135, SDN 119 dan SDN 121.

Dari ketujuh SD tersebut diambil sebanyak 6 nominator saja. ” Alhasil harus ada satu SD kita gugurkan yakni SDN 121 gugur di babak penyisihan putaran pertama ini, “jelasnya.

BACA JUGA  Rapat Paripurna Istimewa Peringatan HUT Pemprov Sumatera Selatan ke-73


Selanjutnya ada 6 SD bertarung di babak putaran kedua semi final memperebutkan babak final, yakni SDIT Fathonah, SDIT Khalifah, SDH 243, SDN 120, SDN 135, SDN 119.

Dimana di babak semi final ini, SDIT Khalifah berhadapan dengan SDN 243, SDN 120 berhadapan dengan SDN 135, dan SDIT Fathonah berhadapan dengan SDN 119.

Hingga sampai di detik-detik babak lomba, akhirnya SDIT Khalifah, SDIT Fathonah dan SDN 135 berhasil keluar lolos di babak semi final. Selanjutnya mereka bertarung di babak final.

Meski cukup panas dan seru perlombaan yang berlangsung sejak pukul 08:00 WIB ini, masing masing sangat bersaing ketat di detik detik nilai akhir. Alhasil SDIT Fathonah berhasil menggondol sebagai juara pertama berhak mendapatkan piala thropy dan bingkisan khusus plus sertifikat. Disusul juara kedua SDN 135 dan SDIT Khalifah sebagai juara ketiga juga berhak mendapatkan bingkisan menarik dan sertifikat.

Selain bangga, lanjut Ismail, LP3M Al-Isra juga sangat berterimakasih kepada para sponsor acara ikut mensukseskan even ini, baik Teh Botol Sosro, TB Rama, Gramedia dan Penerbit Air Langga.

Pihaknya berharap even kedepan akan bisa lebih besar lagi digelar. ” InsyaAllah kita akan gelar tingkat SMP dan SMA agar anak anak sibuk berpacu dalam prestasi bukan sibuk dengan hal hal kurang manfaat, “jelasnya.

BACA JUGA  Atlet Disabilitas OKU Diganjar Reward oleh Bupati

Ini juga sebagai bukti, bahwa keberadaan SDN dan sekolah swasta sangat bersaing ketat. Tidak saja sisi kuantitas tapi juga kualitas. Pemerintah bersama lembaga lembaga terkait hendaknya bisa melihat perkembangan pendidikan dari semua sisi, sehingga Sumsel bisa meningkatkan IPM-nya lebih baik.

Badan Pusat Statistik merilis Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Indonesia bulan April 2018 untuk tahun 2017 di Sumsel termasuk yang terendah se-Sumatera .

IPM Sumsel masih di bawah Prov. Bengkulu, Jambi, Babel, yang terendah Provinsi Lampung dan tertinggi Se Sumatera adalah Provinsi Riau, disusul Prov. Sumbar kemudian Provinsi Aceh dan Sumut.

Sementara angka tertinggi nasional dipegang DKI Jakarta, menyusul DIY dan Bali. ” Sumsel masih banyak PR soal ini, LP3M siap memback up ini secara perlahan, “ungkapnya.

Lomba ini juga dihadiri warga sekitar, para guru, juga Lurah Sukodadi Rahmat Ginanjar, SE, M.Si ikut membuka acara lomba ini.

Dalam sambutannya Rahmat berharap banyak, keluarahan Sukodadi bisa menjadi contoh kelurahan lain bisa memanajemen warganya lebih maju dan aktif dalam semua bidang. Khususnya pendidikan, kesehatan dan layanan umum menjadi basis utama kemajuan. (*)

Teks/Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait