21 Agustus 2019

Perlu Diantisipasi, Sungai Ogan OKU Tercemar Limbah Ringan

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA |Hasil uji sampel air Sungai Ogan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) wilayah setempat tercemar limbah ringan akibat sampah rumah tangga yang dibuang masyarakat ke sungai.

“Hasil uji sampel di laboratorium Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu air Sungai Ogan tercemar limbah ringan, namun masih layak di konsumsi manusia,” kata Kabid Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan DLH Ogan Komering Ulu (OKU), Lastri Novita melalui Kasi Pencemaran Lingkungan, RA Feni Purnamasari di Baturaja, Jumat (21/6).

BACA JUGA  Jelang Ramadhan Tim Pengendali Inplasi Daerah Buka Pasar Murah

Pengambilan sampel yang dilakukan di tiga lokasi yaitu bagian hulu di Desa Pusar, tengah di Jembatan Ogan Satu, sedangkan untuk bagian hilir di Desa Terusan tersebut guna menguji kandungan air sungai apakah masih layak dikonsumsi manusia atau tidak.

“Sejauh ini masih layak meskipun status hasil uji laboratorium air Sungai Ogan tercemar limbah ringan,” katanya.

Limbah yang terdapat di Sungai Ogan sebagian merupakan sampah jenis plastik dari sisa pembuangan rumah tangga yang dibuang masyarakat ke sungai hingga tercemar.

BACA JUGA  Operasi Zebra Musi 2017, Pembuatan SIM Meningkat

Banyaknya sampah di sungai menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) masih sangat rendah.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada masyarakat khususnya yang bermukim di DAS wilayah setempat untuk tidak membuang sampah rumah tangga ke sungai agar tidak tercemar.

“Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan agar sungai tidak tercemar sehingga aman airnya aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Sumber: Antara
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Tema Newkarma Desain oleh Gian MR