Dodi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

SWARNANEWS.CO.ID, SEKAYU | Bupati Kabupaten Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex, didaulat jadi Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Sekayu, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

Upacara yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan tersebut dimulai tepat pukul 00.00 WIB, detik-detik pergantian tanggal menuju hari kemerdekaan.

Pada kesempatan itu Dodi membacakan renungan suci, yang menyatakan penghargaan dan kehormatan setinggi-tingginya atas perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian yang penuh keikhlasan dan kesucian demi bangsa dan Negara Republik Indonesia.

“Kami bersumpah dan berjanji akan meneruskan perjuangan saudara-saudara dalam mempertahankan bangsa dan negara sampai titik darah penghabisan. Darah saudara adalah darah kami, Bakti saudara adalah Bakti kami,”.

“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ujar Bupati Muba.

Adapun pahlawan yang tercatat dikebumikan di TMP Sekayu, terdiri dari : TNI/Polri 32 orang, pejuang rakyat 36 orang, dan pahlawan tak dikenal 2 (dua) orang.

BACA JUGA  Bukber di Rumdin Dhuafa dan Disabilitas Dapat THR

Renungan Suci ini turut dihadiri Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Ketua DPRD Muba Abusari Burhan, Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi, Wakapolres Muba Kompol Ade Adriansyah Saputra SIk, Kajari Muba Suyanto, Ketua Pengadilan Negeri Muba Imam Santoso, Ketua Pengadilan Agama Saifullah Ashari, Kasdim 0401 Muba M Daud, dan Pasi Ter Kodim 0401 Muba Kapten Arm. Adriyanto yang bertindak sebagai Komandan Upacara.

Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Upacara dilaksanakan di Halaman Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate. Menggunakan Pakaian Dinas Upacara Besar berwarna putih, Dodi tampak naik ke mimbar upacara sekitar pukul 09:30 WIB, Sabtu (17/8/2019).

Berlaku sebagai Komandan Upacara, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0401 Muba, Kapten Armed Marwan. Kemudian Komandan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih, Danramil Sekayu, Kapten Inf Hermanto. Sedangkan Pembawa Baki Penaikan Bendera Merah Putih yaitu Siswi asal Sekolah SMA Negeri 2 Sekayu, Silvia Putri Meilani.

BACA JUGA  Syaikh Nashif Nashir Mampir ke SMA N 3 Sekayu

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendara Merah Putih oleh Paskibra Kabupaten Muba. Diketahui, paskibra ini merupakan pasukan pengibar bendera yang telah dilantik Bupati Muba pada 15 Agustus kemarin.

Sebelum bendera dikibarkan, Dodi terlebih dahulu menyerahkan bendera ke pembawa baki. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi dengan Lagu Indonesia Raya.

Upacara Peringatan HUT RI di Kabupaten Muba ini dikuti oleh ASN di Lingkungan Pemkab Muba. Para ASN kompak berpakaian seragam Korpri. Selain PNS, juga dihadiri Personil TNI, Polri, Damkar, BPPD, Satuan Pol PP , Siswa SMA, SMP, SD, hingga Linmas dan tokoh masyarakat lainnya.

Teks : Ril/Malaka
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait