Mengapa Pupuk Kandang Sangat Penting

SWARNANEWS.CO.ID | Pupuk kandang tidak semata menyuburkan tanaman tapi juga menghidupkan mahluk halus di dalam tanah yang terdiri dari jutaan microorganisme. Produk dari micro ini akhirnya akan menjadi unsur yang menyuburkan tanaman, namun yang paling penting terlebih dahulu menghidupkan tanah.

Achsin U. Choliq

Pupuk Synthetis atau sering disebut pupuk kimia hanya menyuburkan tanaman tidak mempedulikan kesehatan tanah, tanah bisa mengeras karena micro organisme mati, dalam jangka panjang ini berbahaya dan bisa membuat tanah bisa mati dan sulit untuk menopang kehidupan tanaman seperti Tragedi Mesopotamia ketika tanah dipenuhi garam yang mematikan jasat renik, tanah subur pun berubah menjadi gurun.

BACA JUGA  Seandainya LRT itu Jembatan di Perairan?

Sudah waktunya dibuat ketentuan bahwa tiap ha sawah atau ladang dibarengi 4-6 ekor sapi, bila sawah hanya 0.25 ha dibarengi 25 Domba/Kambing tanah pun kembali subur, sedang petani dapat tambahan penghasilan tidak hanya panen beras, jagung, kedelai tapi juga daging, susu atau telur dan pupuk kandang.

Sawah yang cukup pupuk kandang, cacing dan segala remuk akan hidup dan itu menjadi pakan premium untuk Itik. Sedangkan Itik tidak perlu diajari cara nangkap cacing dan lain-lain, karena nalurinya sudah dibawa sejak lahir.

BACA JUGA  Ilmuwan Muslim Kembangkan Teknik Penyulingan

Bertani harus mengikuti siklus biologi agar produktif, tapi aman bagi ketahanan pangan karena itu harus ada aturan yang ditetapkan negara agar pangan kita lestari sepanjang zaman, karena sawah ladang terjamin kesehatannya, Insya Allah.

Penulis : Achsin U. Choliq
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait