10 Tahun Tokopedia Fokus Menjadi Super Ecosystem

10 Tahun Tokopedia Fokus Menjadi Super Ecosyste

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | Bersamaan dengan HUT ke-74 Indonesia, Tokopedia memasuki usia ke-10 dan mengumumkan komitmennya menjadi Super Ecosystem, infrastruktur menyeluruh yang bisa mempermudah masyarakat Indonesia lewat kolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk bersama-sama tumbuh dan mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, kemerdekaan Indonesia diperjuangkan dengan semangat bambu runcing, keberanian untuk memulai, kegigihan untuk bangkit setiap kali gagal dan harapan bahwa walau nyawa jadi taruhan perjuangan, satu hari nanti kemerdekaan akan diraih. “Terinspirasi atas perjuangan itu, 10 tahun yang lalu, Tokopedia dimulai dengan sebuah mimpi — misi untuk bergerak mendorong pemerataan ekonomi secara digital — lewat sebuah visi membangun Super Ecosystem dimana semua orang dapat memulai dan menemukan segala sesuatu.”

Tokopedia telah menjadi lebih dari sekadar perusahaan e-commerce. Selama 10 tahun ini, Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang telah membantu lebih dari 6,2 juta masyarakat menjadi ‘perusahaan e-commerce’ dengan memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia. Mereka telah memasarkan lebih dari 150 juta jenis barang ke seluruh pelosok negeri, menjangkau hingga 97% kecamatan di Indonesia. Setiap bulannya, 1 dari 3 masyarakat Indonesia sudah menggunakan Tokopedia untuk kebutuhan sehari-hari. Di tahun ke-10 ini, lebih dari 1 persen ekonomi Indonesia bergerak di atas Tokopedia.”

BACA JUGA  Dua Aplikator Transportasi Baru Masuk RI

Sebagai Super Ecosystem, Tokopedia telah menjadi wadah yang menjembatani semua pihak dengan misi sejalan. William kembali menegaskan, “Dalam mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, kolaborasi dengan para mitra strategis menjadi poin penting. Saat ini, Tokopedia sudah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra pembayaran, 12 mitra logistik, pemerintah pusat maupun daerah dan sederet mitra strategis lainnya.”

Infrastruktur, menurut William, juga telah menjadi kunci utama dalam menjadi sebuah Super Ecosystem. Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang terdiri dari berbagai lini bisnis, yaitu marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. “Data analytic, machine learning dan artificial intelligence akan menjadi sebagian dari teknologi yang diusung dan dikedepankan di setiap inisiatif Tokopedia, menjadikan Tokopedia sebagai perusahaan teknologi yang AI-First,” tambahnya.

Tokopedia 10 Tahun ke Depan
Indonesia, dengan lebih dari 17 ribu pulau, akan terus menjadi fokus utama Tokopedia. William mengungkapkan, “10 tahun ke depan, Tokopedia akan fokus untuk membantu semua orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk menjadi perusahaan teknologi. Artinya, untuk mencapai misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, tidak mungkin kita bisa mengubah semua orang untuk menjadi perusahaan e-commerce.”

BACA JUGA  BRI Perluas Layanan Dengan BRI Link

“Petani, nelayan, pemilik warung, fotografer, pembuat kue, florist, guru les musik dan begitu banyak profesi lainnya di Indonesia melakukan keseluruhan aktivitas dan layanan mereka secara offline. Untuk mewujudkan visi dan misi besar untuk Indonesia, maka Tokopedia harus mampu membangun ekosistem yang menjadi solusi nyata bagi hampir semua profesi yang ada di Indonesia, bagaimana mereka bisa menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka akan selalu relevan terhadap perubahan zaman,” jelas William.

Tokopedia melalui William menuturkan bahwa inilah yang akan menjadi pekerjaan rumah bersama ke depannya, bagaimana Tokopedia bisa menjadi sebuah Super Ecosystem yang berkontribusi hingga 5 persen dari ekonomi Indonesia, dan mengangkat kelas seluruh profesi di Indonesia untuk memberikan pengalaman terbaik, baik online maupun offline.

“Bagi kami, Boyolali dan sekitarnya lebih penting dari Bangkok dan sekitarnya. Makassar dan sekitarnya lebih penting dari Manilla dan sekitarnya. Perjalanan masih sangat panjang dan #KamiBaruMulai. Tokopedia harus bisa terus menjadi platform dimana semua orang bisa memulai, platform dimana semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama,” tutup William menegaskan komitmen bahwa Tokopedia akan lebih fokus investasi ke seluruh pelosok Indonesia dibandingkan ekspansi layanan ke regional. (*)

Teks: Rilis
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait