Korem 044/Gapo Gelar Shalat Minta Hujan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Di musim kemarau yang begitu panas terik dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) saat ini, pimpinan Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum, menginstruksikan kepada seluruh satuan jajarannya untuk menggelar Shalat Istisqa’ atau shalat minta diturunkan hujan.

Tak terkecuali, Korem 044/Gapo pada Minggu (18/8/2019) pukul 15.30 WIB menggelar Shalat Istisqa’ (Shalat minta hujan) bertempat di lapangan Markas Korem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Kota Palembang yang diikuti ratusan personel TNI, PNS dan Ibu-Ibu Persit jajaran Korem 042/Gapo, serta masyarakat umum.

Shalat Istisqa’ yang diimami oleh Ustadz KH. Syamsuddin Sadiman (Pengasuh Pondok Pesantren Aulia Cendekia) ini, digelar memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk dapatnya diturunkan hujan hingga bisa memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di sejumlah wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA  Perbaikan Pondasi Panel Pompa, Pasokan Air PDAM Tirta Musi Terhenti Pada 8 Oktober

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Korem 044/Gapo bersama jajaran dalam rangka membantu pencegahan Karhutla di wilayah Sumsel. Pasalnya sudah kurang lebih satu bulan ini belum ada hujan dan ada beberapa titik api di beberapa daerah Sumsel, khususnya kebakaran di Muba sudah enam hari belum bisa padam dengan berbagai upaya telah dilakukan.

“Dengan kita melaksanakan shalat istisqa’ dalam rangka meminta turunnya hujan, karena kebakaran yang besar hanya kuasa Tuhan lah yang bisa memadamkan kebakaran itu semua,” kata Danrem.

Ia juga mengatakan, bahwa dampak dari musim kemarau telah dirasakan oleh semua masyarakat, ketersediaan air mulai menipis dan lahan petani sudah mulai kekeringan, serta kebakaran hutan dan lahan yang terjadi makin luas dan susah untuk dipadamkan. “Kita memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan, agar kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap segera berakhir,” ujarnya.

BACA JUGA  ACT Serukan Ummat Islam Bela Uighur

Sementara itu, Ustadz KH. Syamsuddin Sadiman, mengatakan Shalat Istisqa’ yang digelar tersebut bermaksud meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dari langit. semoga kebakaran di wilayah Sumsel dapat segera padam serta situasi dan kondisi makin membaik. “Agar kita mensyukuri segala nikmat Allah dan perbanyak istigfar, “katanya.

Teks : Iwan

Editor: Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait