HUT RI Diwarnai Santunan Pejuang Veteran

Pemberian Remisi di Lapas Kelas II B Muara Enim

 

SWARNANEWS.CO.ID, MUARA ENIM | Dalam memperingati hari kemerdekaan dirgahayu HUT ke-74 RI tahun 2019 di Kabupaten Muara Enim berlangsung Khidmat, lancar dan meriah dilaksanakan di lapangan Merdeka Muara Enim, Minggu (17/8/2019).

Bertugas sebagai Inspektur upacara dan pembacaan teks Proklamasi yakni Bupati Muara Enim Ir.H.Ahmad Yani MM, pembacaan naskah pembukaan UUD 1945 yakni Ketua DPRD Muara Enim Aries HB,SE dan dihadiri pula Wakil Bupati Muara Enim H.Juarsah SH dan unsur Forkompimda Muara Enim,, BUMN, BUMD dan OKP Ormas serta undangan Lainnya.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani, MM menyampaikan dengan semangat Proklamasi 1945, kita dukung kepemimpinan nasional menuju Indonesia unggul demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia maju dan sejahtera.

Memberikan sinyal elemen kepada kita untuk terus meningkatkan eksistensi dan jati diri kita sebagai bangsa di tengah era globalisasi.

“Memperingati HUT RI ke-74 yang dilaksanakan secara serentak diseluruh persada nusantara berupa upacara peringatan detik-detik proklamasi, untuk itu sepantasnya kita merenung dan mengingat kembali apa yang telah kita perbuat terhadap bangsa dan negara tercinta ini,” jelasnya.

Lanjutnya, kita berbaur dengan para pejuang perintis Kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan pelaku sejarah Kemerdekaan Indonesia merebut dari tangan penjajah.

“Saat ini mereka semakin lama akan berkurang jumlahnya, tapi harapan sebagai generasi penerus yang telah menerima nilai-nilai juang yang mereka korbankan, akan tetap tertanam dalam sanubari masing-masing untuk meneruskan dan mengisi kemerdekaan ini,” ungkapnya.

BACA JUGA  PT Pertamina EP Limau Field Bor Sumur Bel-K1

Untuk mengenang jasa yang para veteran yang meraih kemerdekaan untuk bangsa dan negara, pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 10 Agustus diperingati sebagai hari Veteran Nasional.

“Melalui peringatan hari ulang tahun ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk terus mengobarkan semangat juang Proklamasi 17 Agustus 1945, untuk Bangsa dan Negara Indonesia tercinta ini,” pungkasnya.

Setelah upacara Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim dan Muspida menyerahkan penghargaan Satyalencana Karya Satya tahun 2019 kepada pegawai negeri sipil (PNS) yang telah mengabdikan dirinya selama 10, 20, dan 30 tahun di lingkup Pemkab Muara Enim. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kendaraan kepada Pemkab Muara Enim dari PT.Bukit Asam Tbk dan PT. Pertamina Geothermal Suprema Energy selanjutnya ramah tamah dengan pejuang veteran dan Janda Veteran, PWRI di Balai Agung Serasan Sekundang Kota Muara Enim.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Muara Enim, Andi Wijaya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim memberikan santunan kepada 56 orang veteran dan 86 orang janda veteran di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA  Raih Suara Terbanyak Pada Konferkab, Siswanto Pimpin PWI Muaraenim

Pemberian santunan ini sebagai bentuk terima kasih atas perjuangan mereka dalam memperjuangkan bangsa dan negara hingga dapat memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-74 tahun ini.

“Rama tamah bersama pejuang veteran Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia dan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan tujuan untuk mengingat kembali perjuangan para legiun veteran perintis kemerdekaan dalam mengusir para penjajah di Bumi Pertiwi ini,” ungkapnya.

Veteran dan janda veteran ini nantinya akan mendapatkan santunan yang berasal dari Dana hibah APBD kabupaten Muara Enim.

“Total dana yang dikucurkan sejumlah Rp. 264.560.000. Masing-masing veteran akan mendapatkan santunan sebesar Rp. 1.750.000 dan janda veteran menerima santunan sebesar Rp. 1.500.000 per orang. Selain itu juga mereka mendapatkan uang transportasi sebesar Rp.150.000 serta baju seragam veteran sebanyak 15 orang dengan harga Rp.1.050.000,” tutupnya.

Sore hari kegiatan dilangsungkan di Lapas untuk penyerahan remisi terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Enim, sekitar pukul 17.00 Wib upacara  penurunan bendera yang dipimpin Wakil Bupati Muara Enim, di Lapangan Merdeka Muara Enim.

Kontributor : Zoel
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait