Patin, Gabus dan Belido Akan Disebar di Sungai Musi

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda kembali melakukan penebaran benih ikan asli air tawar di perairan Sungai Musi Palembang bersama pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 dan 13 Palembang.

” Ada 10 ribu bibit ikan patin yang ditebarkan di Sungai Musi Palembang dari atas Bus Air Mayang Sari. Saya harapkan para pelajar generasi muda untuk kedepan ada kepedulian dalam menjaga ekosistem sungai dan budidaya ikan didalamnya,” katanya usai melakukan penebaran benih Ikan patin, Rabu (21/8/2019)

Lebih lanjut, Finda menjelaskan dalam waktu dekat akan melakukan penebaran benih ikan Belida dan Ikan Gabus yang terbilang langkah jenisnya di Kota Palembang karena hampir punah di Perairan Sungai Musi.

BACA JUGA  Palembang Bakal Siapkan Fasilitas Listrik Tenaga Surya

“Kita belum tahu berapa banyak benih Ikan Gabus dan Belido yang akan disebar di Sungai Musi, saat ini hanya menunggu persetujuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI. Insya Allah akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” jelas Finda.

Bahkan, Wakil Walikota Palembang juga mengakui kendala dalam populasi ikan tawar yang terjadi, pihaknya masih dihadapkan dengan masih minimnya kepedulian oknum pelaku penangkapan ikan dengan cara terlarang seperti alat setrum dan bahan kimia berbahaya.

BACA JUGA  Maksimalisasi Pengelolaan Sampah Diteken

“Kita harus sadar jangankan anak ikan, induk ikan pun akan mati, jika menangkap ikan dengan cara setrum dan bahan kimia berbahaya,” terang Finda

Untuk menjaga penangkapan ikan di Sungai Musi tetap terjaga dari oknum pelaku yang tidak dibenarkan ini, Pemkot Palembang telah melibatkan nelayan tradisional untuk melakukan pengawasan selain tim dari dinas terkait

“Akan kita berikan sangsi yang sangat berat, apabila pelaku perusak ekosistem ini tertangkap,” tegas Finda di hadapan wartawan.

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait